Jokowi Akan Tinjau Gladi Resik Upacara Kemerdekaan di IKN pada 14 Agustus

Katadata/M Nafi
Istana Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (7/8/2024).
8/8/2024, 16.57 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memantau acara gladi resik upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada 14 Agustus.

Deputi Protokol dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan Jokowi akan melihat rangkaian persiapan latihan terakhir upacara kemerdekaan mulai dari tata upacara hingga kesenian yang akan ditampilkan pada hari proklamasi 17 Agustus mendatang.

"Bapak presiden akan melihat secara langsung gladi bersih peringatan detik-detik proklamasi," kata Yusuf kepada wartawan di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (8/8).

Kemudian, Jokowi akan langsung kembali bertolak ke Jakarta usai melihat persiapan terakhir upacara kemerdekaan di ibu kota baru untuk menghadiri acara penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta. "Setelah gladi bersih pulang ke Jakarta, sore harinya beliau akan memberikan tanda kehormatan RI," ujar Yusuf.

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengatakan prosesi pengibaran bendera merah putih dalam rangka upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 hanya akan dilaksanakan di Kompleks Istana Kepresidenan IKN Nusantara.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama menjelaskan, pemerintah tidak akan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di Istana Merdeka Jakarta. Pemasangan bendera merah putih di Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus sudah dikibarkan sejak pagi tanpa ada prosesi penaikan secara khusus.

Setya menambahkan, para tamu undangan yang menghadiri rangkaian upacara kemerdekaan di Istana Kepresidenan Jakarta hanya akan menyaksikan prosesi pengibaran bendera merah putih di IKN melalui videotron.

Selain menyiarkan prosesi pengibaran bendera merah putih, videotron tersebut juga akan menyiarkan beragam atraksi militer yang kerap dihadirkan dalam rangkaian upacara kemerdekaan, seperti penampilan tim aerobatik TNI AU.

"Atraksi militer di IKN saja, tetapi akan ditayangkan di videotron di Jakarta. Jadi semua undangan akan menyaksikan siaran langsungnya," kata Setya melalui keterangan tertulis kepada wartawan pada Jumat (2/8).

Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto bakal mengikuti rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan IKN Nusantara.

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka akan mengikuti seluruh rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu