Megawati Ungkap Alasan Jadi Ketum Lagi: Ada yang Mau Rebut PDIP

PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDIP, Jakarta, Minggu (26/5). Foto: PDIP
14/8/2024, 13.10 WIB

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkapkan ada pihak yang berniat merebut partainya. Hal itu, menjadi alasan dia untuk kembali menjadi pemimpin partai banteng.

Megawati mengungkapkan hal itu usai pengumuman calon kepala daerah yang akan diusung PDIP di Kantor DPP PDIP Jakarta Pusat, Rabu (14/8).

Mulanya, Presiden ke-5 RI itu menceritakan dirinya diminta untuk kembali menjadi Ketua Umum PDIP lagi. Mega yang telah berusia 77 tahun mulanya meminta untuk berpikir terlebih dahulu tentang permintaan para kader PDIP itu.

"Gue rasanya pengen juga deh kumpul sama keluarga, ini disuruh jadi Ketum lagi. Sudah begitu, sekarang ada orang mau ngambil  PDI Perjuangan pula, aih gawat," kata Megawati.

Megawati pun mengatakan sempat berniat untuk pensiun lantaran saat ini telah memiliki cicit. Namun, ia mengurungkan niatnya tersebut setelah mempelajari situasi politik.

"Begitu dengar ini akan diambil nih kayaknya PDI Perjuangan, Saya mau jadi ketua umum lagi," kata dia. 

Sebelumnya, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP memutuskan Megawati tetap jadi Ketua Umum periode 2025–2030. Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan keputusan itu merupakan permintaan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP seluruh Indonesia.

“Memohon kesediaan Prof. DR. Megawati Soekarnoputri untuk dapat diangkat dan ditetapkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, Periode 2025-2030 pada Kongres VI tahun 2025,” kata Puan di Rakernas V PDIP yang berlangsung di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, sejak Jumat (24/5).

Reporter: Ade Rosman