Semarak Suasana Upacara HUT Kemerdekaan RI di Tengah Crane-crane Proyek IKN

Katadata/Muhamad Fajar Riyandanu
Rangkaian upacara kemerdekaan di IKN hari ini akan menampilkan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan.
17/8/2024, 09.04 WIB

Tahun ini menjadi kali pertama rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia digelar di dua lokasi berbeda, yakni di Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Istana Merdeka Jakarta. Sejumlah persiapan telah dilakukan di lokasi menjelang acara dimulai.

Rangkaian upacara kemerdekaan di IKN hari ini akan menampilkan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan. Adapun penampilan pertunjukan dan kesenian dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta.

Pengisi acara di IKN adalah 191 pemuda pemudi yang tergabung dalam Orkestra Gita Bahana Nusantara. Ada penampilan atraksi pesawat aerobatik oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari tiga matra sebelum upacara pengibaran bendera merah-putih dimulai.

Para tamu undangan yang hadir di Istana Negara IKN akan menyaksikan secara langsung tayangan kesenian melalui siaran langsung dari videotron yang dipasang di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Hingga pukul 08.50 WITA, para tamu undangan sudah mulai berdatangan. Mereka silih berganti menduduki tempat duduk yang tersedia. Beragam ornamen juga telah terpasang rapi, seperti rangkaian hiasan bunga bernuansa merah-putih. Di depan pintu gerbang Istana Negara, terpasang beberapa pasang janur kuning yang disisipi benda merah putih.  

Di bagian dalam Lapangan Upacara Istana IKN, terdapat satu deret kursi emas dengan karpet merah sebagai alasnya. Deret kursi emas itu merupakan tempat duduk Presiden Joko Widodo, para menteri hingga pejabat negara. Mimbar kehormatan itu diperuntukkan untuk Presiden Jokowi berserta Ibu Negara Iriana dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Di kanan dan kiri Istana Negara, kursi-kursi berlapis sarung putih sudah disiapkan untuk para tamu undangan. Petugas keamanan berjaga di berbagai titik, memastikan setiap tamu yang masuk melewati pemeriksaan ketat oleh Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres. 

Setiap tamu menerima kartu identitas khusus dan harus melewati detektor logam serta pemeriksaan tubuh. Setelah itu, mereka diarahkan ke tempat duduk yang sesuai dengan nomor pada kartu identitas. Beberapa tamu juga tampak berswafoto dengan latar belakang Istana Negara dan Istana Garuda.

Pemandangan upacara kemerdekaan di IKN terasa unik, dengan deretan crane atau derek jangkung yang menghiasi langit biru bandar baru. Crane-crane tersebut menjadi penanda bahwa pembangunan di IKN masih terus berjalan.

Presiden Joko Widodo bakal menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Rangkaian upacara hari proklamasi di IKN juga dihadiri oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Sementara Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka mengikuti seluruh rangkaian upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu