3 Lokasi Demo Hari Ini di Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung

Instagram/@auliaraflii
Ilustrasi demonstrasi
Penulis: Tifani
Editor: Safrezi
22/8/2024, 10.17 WIB

Sejumlah elemen masyarakat, mulai akademisi, mahasiswa, aktivis 98, hingga buruh, akan menggelar demo hari ini, Kamis (22/08/2024). Demonstrasi bergulir menyusul revisi RUU Pilkada oleh DPR yang mengabaikan putusan MK Nomor 60/PUU-XXII/2024.

Dari berbagai undangan aksi, sebagian besar demonstrasi akan digelar sejak pukul 09.00 WIB. Demo di DPR hari ini bertepatan dengan rapat paripurna DPR untuk mengesahkan RUU Pilkada menjadi UU.

Selain di gelar secara terpusat di DPR, demo hari ini juga akan digelar di berbagai lokasi dan wilayah di Indonesia. Berikut daftar lokasi demo hari ini.

Lokasi Demo Hari Ini di Jakarta

Simbol Peringatan Darurat (Instagram )

1. Demo di Depan DPR RI

Dari berbagai undangan unjuk rasa, demo hari ini akan terpusat di depan DPR RI mulai pukul 09.00 WIB. Aksi unjuk rasa di DPR RI hari ini bertepatan dengan Sidang Paripurna pengesahan RUU Pilkada.

Tuntutan aksi antara lain, mendesak DPR RI untuk tidak melawan dan mengubah keputusan MK N0.60/PUU-XXII/2024 dan mendesak KPU RI mengeluarkan PKPU sesuai keputusan MK N0.60/PUU-XXII/2024.

Selain kalangan buruh, mahasiswa juga mulai bergerak untuk mengawal Putusan MK. Selama aksi demonstrasi berlangsung para pengendara dihimbau menghindari ruas jalan Jalan Gatot Subroto, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Rasuna Said, dan Jalan Senayan yang sering kali menjadi jalur utama para demonstran.

2. Demo di Depan MK

Selain menggelar aksi di depan DPR RI Jakarta, para guru besar, ilmuwan politik, ahli hukum tata negara, akademisi, hingga aktivis prodemokrasi yang didukung penuh aktivis '98 juga akan menggelar aksi di depan gedung MK.

Aksi penyampaian pendapat juga akan terjadi di depan gedung MK di Jalan Medan Merdeka Barat. Selama aksi demonstrasi berlangsung para pengendara dihimbau menghindari ruas Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Selatan, dan Jalan Ir. H. Juanda.

3. Aksi Kamisan di Depan Istana Negara

Tidak hanya di gedung DPR RI dan MK, sebagian elemen juga akan melanjutkan demo di seberang Istana menjelang sore, bergabung dengan Aksi Kamisan. Aksi Kamisan adalah gerakan damai yang dilakukan setiap hari Kamis di depan Istana Negara, Jakarta.

Gerakan ini dimulai sejak tahun 2007 dan melibatkan korban atau keluarga korban pelanggaran HAM di Indonesia, seperti peristiwa 1965, tragedi Trisakti dan Semanggi, serta kasus-kasus pelanggaran HAM lainnya.

Tujuan utama Aksi Kamisan adalah untuk menuntut keadilan, mengungkap kebenaran, dan melawan lupa agar peristiwa-peristiwa kelam pelanggaran HAM tak terlupakan dan tak terulang kembali.

Lokasi Demo Hari Ini di Berbagai Daerah di Indonesia

Ajakan untuk berdemo terkait langkah DPR menganulir putusan MK (Katadata)

1. Aksi Demo di Yogyakarta Hari Ini

Aktivis dan mahasiswa rencananya akan menggelar aksi demo di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada hari ini. Mereka mengungkapkan rasa kekecewaannya atas revisi RUU Pilkada.

Dikutip dari laman Instagram @gejayanmemanggil, aksi demo hari ini akan digelar mulai pukul 09.00 WIB di Lapangan Parkir Abu Bakar Ali hingga Titik Nol Kilometer. Selain di Titik Nol Kilometer, dalam undangan aksi yang lain, turut disebutkan titik kumpul massa aksi, salah satunya di Bundaran UGM.

Selama aksi demonstrasi berlangsung para pengendara dihimbau menghindari ruas Jalan Malioboro, Jalan KH Ahmad Dahlan menuju Nol KM, dan kawasan sekitar Lapangan Parkir Abu Bakar Ali.

2. Aksi Demo di Bandung Hari Ini

Di Bandung, Jawa Barat (Jabar), aksi demonstrasi rencananya akan digelar mulai Tugu Toga Universitas Islam Bandung (Unisba), Kota Bandung, Jabar, sedangkan aksi demo bakal dilakukan di Gedung DPRD Jabar pada pukul 10.00 WIB.

Selain Yogyakarta dan Bandung, demo hari ini juga akan digelar di Bali dan Surabaya.