PDIP Umumkan Andika Perkasa-Hendrar Maju Pilkada Jateng, Airin-Ade di Banten

Youtube/PDIP
Pengumuman bakal calon kepala daerah dari PDIP di DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8). Foto: Youtube/PDIP
26/8/2024, 15.00 WIB

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP resmi mengumumkan bakal calon kepala daerah mereka hari ini. Salah satu yang diumumkan adalah pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah.

Surat rekomendasi langsung diberikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hari ini di DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8). Andika-Hendrar masuk dalam gelombang ketiga pengumuman.

"Dari Provinsi Jawa Tengah, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat membacakan rekomendasi.

Andika Perkasa merupakan Panglima TNI periode 2021-2022. Sedangkan Hendrar Prihadi, yang saat ini menjabat Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), merupakan Wali Kota Semarang periode 2013-2015 dan 2016-2022.

Nama lain yang diumumkan adalah Airin Rachmi Diany yang berpasangan dengan Ade Sumardi di Pilgub Banten. Airin, yang merupakan politisi Golkar, mendapatkan tiket PDIP meski partai beringin tak memberikan rekomendasi.

"Rakyat mengukuhkan pasangan ini meski ada hambatan kiri kanan," kata Hasto.

Sedangkan nama Anies Baswedan batal diumumkan menjadi calon gubernur Jakarta dari PDIP hari ini. Faktor utama penyebabnya adalah masih ada perdebatan di internal partai tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata.co.id dari sejumlah sumber, sejumlah anggota PDIP belum setuju dengan kebijakan partai untuk mencalonkan Anies. Bahkan, lantaran sangat alotnya perdebatan, beberapa anggota mengancam keluar dari partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut.

"Jadi tidak dapat diumumkan hari ini. Belum batal (pencalonan Anies oleh PDIP), tapi kemungkinan pengumumannya ditunda," kata seorang sumber Katadata.co.id, Senin (26/8).

Belum ada penjelasan PDIP terkait tak adanya pengumuman Anies hari ini. Hingga berita ini ditulis, politisi PDIP Hendrawan Supratikno belum membalas pesan singkat Katadata.co.id.

Berkut daftar calon gubernur-wakil gubernur di 6 provinsi:

1. Sulawesi Utara, Steven Kandouw - Letjen TNI (Purn) Alfred Denny Djoike Tuejeh

2. Banten, Airin Rachmi Diany - Ade Sumardi

3. Jawa Tengah, Andika Perkasa - Hendra Prihadi

4. Gorontalo, Hamzah Isa - Andurrahman Abubakar Bahmid

5. Nusa Tenggara Timur (NTT), Yohanis Fransiskus Lema - Jane Natalia Suryanto

6. Kalimantan Utara, Andi Sulaiman - Andri Partono

Reporter: Ade Rosman