Kaesang Datangi Kantor KPK, Inisiatif Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi

Dok. Istimewa
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep mendatangi KPK, Selasa (17/9/2024).
Penulis: Ade Rosman
17/9/2024, 12.09 WIB

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mendatangi gedung lama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Jakarta Selatan, pada Selasa, (17/9). Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tiba sekira pukul 10.30 WIB dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam. 

Ia mendatangi gedung lama kantor KPK dengan didampingi oleh Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni. Kaesang mengatakan, kedatangannya ke KPK merupakan inisiatif pribadi bukan atas panggilan ataupun undangan dari lembaga antirasuah.

“Kedatangan saya hari ini ke KPK adalah karena inisiatif pribadi sebagai warga negara yang baik, bukan karena panggilan/undangan tertulis dari KPK walaupun saya bukan pejabat/penyelenggara negara,” kata Kaesang, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (17/9).

Kaesang mengatakan, kedatangannya ke KPK untuk menyampaikan informasi ihwal keberangkatannya ke Amerika Serikat menggunakan jet pribadi. Keberangkatan itu sempat menjadi sorotan karena terjadi di tengah polemik revisi Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah. 

“Saya menyampaikan informasi mengenai perjalanan saya ke AS yang menumpang atau nebeng temen saya,” kata dia.

Kaesang terseret dugaan gratifikasi buntut penggunaan fasilitas jet pribadi Gulfstream G650ER milik perusahaan game online Garena yang berada di bawah naungan Sea Limited. Perusahaan asal Singapura ini juga merupakan induk dari Shopee. 

Penggunaan jet pribadi ini terendus Ketika Erina Gudono membagikan konten di Instagram Story saat bepergian ke Amerika Serikat Bersama Kaesang. Kaesang menemani Erina yang melanjutkan pendidikan S2 di University of Pennsylvania di Negeri Paman Sam.

Aktivitas Kaesang dan Erina itu menjadi sorotan lantaran terjadi bersamaan dengan heboh revisi Undang Undang tentang Pemilihan Kepala Daerah di DPR. Revisi itu disebut-sebut akan menguntungkan Kaesang untuk maju pemilihan gubernur. Pengesahan revisi dibatalkan lantaran ada aksi besar-besaran dari kelompok masyarakat dan mahasiswa yang membuat pembahasan di DPR dihentikan.

Dalam perkara penggunaan jet pribadi ini, Ketua KPK Nawawi Pomolango sebelumnya mengatakan lembaganya telah menyiapkan undangan untuk meminta Kaesang melakukan klarifikasi. Hal itu menurut Nawawi diperlukan lantaran Kaesang merupakan keluarga penyelenggara negara. Selain putra Presiden Joko Widodo, Kaesang juga adik Gibran Rakabuming Raka yang terpilih menjadi calon wakil presiden dan sebelumnya menjabat Wali Kota Surakarta. 

Reporter: Ade Rosman