PKB Ajukan Bos Lion Air Group Rusdi Kirana jadi Calon Wakil Ketua MPR

ANTARA FOTO/Agus Setiawan
Duta Besar RI di Kuala Lumpur Rusdi Kirana (tiga kanan) didampingi Ketua Diaspora Indonesia Chairul Anhar (dua kiri) mendampingi Menaker Ida Fauziah bersama suaminya Taufik Abdurahman (kanan) usai kunjungan ke KBRI Kuala Lumpur, Kamis (12/12/2019).
2/10/2024, 18.10 WIB

Partai Kebangkitan Bangsa mengajukan nama Rusdi Kirana untuk menjadi Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). PKB akan menyampaikan nama pemilik Lion Air Group itu dalam rapat paripurna MPR.

Rusdi saat ini merupakan Wakil Ketua Umum PKB dan menjadi anggota parlemen terpilih 2014-2019. Rusdi melenggang ke Senayan dari daerah pemilihan Jawa Timur VIII.

"Untuk ditetapkan dan dilantik menjadi Wakil Ketua MPR," kata Ketua Fraksi PKB DPR, Jazilul Fawaid di Jakarta, Rabu (2/10) dikutip dari Antara.

Nama lain yang kemungkinan menjadi pimpinan MPR adalah Hidayat Nur Wahid dari Partai Keadilan Sejahtera. Hidayat sebelumnya adalah Wakil Ketua MPR 2019-2024.

"Insya Allah sebentar lagi diumumkan di fraksi," kata Ketua Fraksi PKS DPR, Jazuli Juwaini.

Partai Amanat Nasional (PAN) menyiapkan nama Eddy Soeparno sebagai Wakil Ketua MPR. Eddy saat ini adalah Wakil Ketua Umum PAN dan pernah menjadi Wakil Ketua Komisi VII DPR.

"Kita tunggu saja nanti malam," kata Anggota MPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional Saleh Partaonan Daulay di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10) dikutip dari Antara.

Meski demikian, Eddy mengaku belum tahu soal kabar tersebut. "Saya belum dengar apa-apa," katanya dalam pesan singkat kepada Katadata.co.id.

Sedangkan Partai Nasdem mengatakan Lestari Moerdijat akan kembali menjabat sebagai Wakil Ketua MPR. Lestari sebelumnya pernah menjadi Wakil Ketua MPR periode 2019-2014.

Reporter: Antara