Demokrat Usul Nama untuk Calon Menteri, SBY Ikut Melobi Prabowo

ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt.
Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.
Penulis: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
3/10/2024, 20.23 WIB

Partai Demokrat menyetorkan sejumlah nama untuk diplot menjadi Menteri di kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan daftar nama tersebut kepada Prabowo Subianto.

"Sudah ada nama-nama kader terbaik Demokrat yang sudah diberikan ke Pak Prabowo," kata Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengungkapkan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).

Beredar rumor, Partai Demokrat mendapat empat kursi Menteri di pemerintahan mendatang. Refky membantah kabar tersebut. "Masih kami tunggu, belum final. Masih dalam pembicaraan," kata dia.

Selain AHY, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun akan melobi Prabowo. "Kami serahkan semua ke Pak Prabowo. Ya komunikasi Pak SBY dengan Pak Prabowo, Mas AHY dengan Pak Prabowo juga masih berjalan," kata Riefky.

Bukan hanya partai politik yang resmi berkoalisi dengan pemerintahan Prabowo-Gibran, PDIP juga menyodorkan nama-nama sebagai calon menteri. 

Beredar kabar, PDIP menyodorkan ketiga nama yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Azwar Anas, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Ketua DPP PDIP Said Abdullah tak membantah tiga nama yang kabarnya diajukan partai banteng.  Said mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang akan menentukan kepastian masuknya tiga nama tersebut ke kabinet.

"Tiga nama itu, baik Pak Budi Gunawan, baik Pak Azwar Anas, baik Bapak Olly Dondokambey menunggu keputusan dari DPP dan Ibu Ketua Umum," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).

Reporter: Ade Rosman