Tujuh Panelis Disiapkan untuk Debat Perdana Pilkada Jakarta, Ini Profilnya

Antara
Deklarasi kampanye damai untuk Pilgub Jakarta 2024 di Museum Fatahilah, Kota Tua, Jakarta, Selasa (24/09). Foto: Antara
6/10/2024, 18.51 WIB

Debat Pilkada Jakarta akan digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (6/10).  Pasangan calon Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno akan beradu gagasan dengan tema 'Penguatan Sumber Daya Manusia dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global'.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta juga telah menyiapkan tujuh panelis untuk menyiapkan materi debat. Tujuh orang tersebut merupakan pakar di bidang hukum hingga komunikasi politik. 

Salah satu pakar yang disiapkan adalah Gun Gun Heryanto yang merupakan ahli komunikasi politik. Nama lainnya adalah pengamat politik Siti Zuhro. Berikut daftar panelis yang disiapkan:

Gun Gun Heryanto

Gun Gun Heryanto adalah pakar komunikasi politik yang juga Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ia pernah menulis buku di antaranya Dinamika Komunikasi Politik dan Pembangunan Di Era Demokrasi, Strategi Literasi Politik, hingga Panggung Komunikasi Politik.

Beki Mardani

Beki Mardani adalah aktivis yang pernah menjadi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat. Lulusan Administrasi Niaga FISIP Universitas Indonesia ini sebelumnya adalah jurnalis senior yang pernah berkarir di SCTV.

Siti Zuhro

Prof. Dr. Siti Zuhro, MA adalah peneliti politik di Badan Riset dan Inovasi Nasional. Karir lulusan Universitas Jember ini malang melintang di bidang penelitisan politik, mulai dari Anggota Tim Pakar Revisi UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemda, Manajer Riset The Habibie Center, hingga Tim Pakar Komite 1 Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

Nurliah Nurdin

Prof. Dr. Nurliah Nurdin, S.Sos, MA adalah Guru Besar Insititut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Ia juga merupakan pengajar di Politeknik STIA LAN Jakarta.

Ahsanul Minan

Ahsanul Minan adalah doktor hukum jebolan Universitas Indonesia. Ahli kepemiluan ini pernah mengajar di Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia hingga Tenaga Ahli di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

Didik Suhariyanto

Dididk Suhariyanto adalah mantan Rektor Universitas Bung Karno (UBK) di Jakarta. Ia mengambil S1 Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, S2 Hukum Universitas Airlangga Surabaya, dan S3 Fakultas Hukum Universitas Brawijaya.

Andhyta Firselli Utami

Andhyta Firselli Utami adalah pendiri sekaligus CEO Think Policy, LSM yang fokus pada pembuatan kebijakan untuk mengatasi tantangan antargenerasi. Andhyta adalah lulusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia dan mendapatkan gelar Master PubliC Policy dari Harvard Kennedy School.