Pilih Pulang ke Solo, Jokowi Tak Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran di MPR

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Presiden Joko Widodo menyiram tanaman Tengkawang saat mencanangkan hutan pendidikan Wanagama Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (13/9/2024).
8/10/2024, 13.09 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk segera pulang ke Solo setelah seremonial pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober mendatang.

"Tanggal 20 Oktober sore, saya pulang ke Solo," kata Jokowi seusai menyampaikan sambutan agenda BNI Investor Daily Summit di Jakarta Convention Center pada Selasa (8/10).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menyebut kemungkinan dirinya tidak akan menghadiri prosesi pelantikan Prabowo-Gibran di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Senayan Jakarta. "Ya mungkin enggak," ujar Jokowi.

Jokowi juga pernah menyampaikan hal serupa setelah memberikan arahan kepada jajaran TNI-Polri di Istana Negara IKN Nusantara, Kalimantan Timur pada Kamis, 12 September lalu. Ia menyampaikan keinginannya untuk kembali pulang ke kampung halaman di Solo seusai masa jabatannya sebagai presiden berakhir pada 20 Oktober mendatang.

Pernyataan tersebut sekaligus menanggapi pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. Budi menyebut Jokowi layak untuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sembari tertawa ringan, Jokowi mengatakan dirinya akan berada ke Solo saat prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. "Saya mau pulang ke Solo tanggal 20 Oktober nanti," kata Jokowi.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu