Canda Prabowo di Acara PKB: Saya Ganti Dasi Merah Kalau Diundang PDIP

Youtube/DPP PKB
Presiden terpilih Prabowo Subianto dalam Rapat Koordinasi Nasional Legislatif PKB di Jakarta, Kamis (10/10). Foto: Youtube/DPP PKB
10/10/2024, 19.26 WIB

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berbicara soal wacana pertemuan dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ia mengatakan akan mengenakan dasi berwarna merah jika diundang PDIP.

Hal tersebut disampaikan Prabowo saat berpidaro dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Legislatif Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jakarta, Kamis (10/10).

Awalnya, Prabowo mengatakan kepada hadirin bahwa ia memakai dasi berwarna hijau karena hadir di acara PKB. Presiden terpilih itu mengenakan setelah jas berwarna krem, peci hitam, serta dasi hijau.

Sembari bercanda, Prabowo lalu mengatakan siap berganti warna dasi jika diundang oleh PDIP. Hal ini lalu disambut tawa hadirin.

"Saya tidak tahu kapan diundang PDIP, ini bukan minta diundang lho. Tapi kira-kira kalau diundang ganti (dasi) merah," kata Prabowo seperti disiarkan dalam Youtube DPP PKB.

Prabowo lalu menjelaskan penyesuaian warna dasi adalah bentuk solidaritas. Ia mengatakan PKB merupakan partai berbasis agama, namun tetap nasionalis. Hal yang menurutnya tak jauh berbeda seperti Gerindra yang berhaluan nasionalis, namun religius.

"Kalau saya dipanggil kiai, datang. Tentara itu dekat dengan kiali, setiap mau berangkat (tugas), yang dicari itu kiai," katanya.

Sebelumnya, PDIP mengatakan jadwal pertemuan antara presiden terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan berlangsung pada pekan depan.

Juru Bicara PDIP Chico Hakim membenarkan pernyataan Bendahara Umum Olly Dondokambey yang menyampaikan pertemuan Prabowo-Megawati berlangsung antara tanggal 13 sampai dengan 15 Oktober.

"Kalau Pak Olly mungkin informasinya lebih akurat lagi, sekitar tanggal 12-15. Namun belum ada tanggal persisnya," kata Chico lewat pesan suara WhatsApp pada Senin (7/10).