Pabrik Asam Sulfat Smelter Freeport Kebakaran, Tidak Ada Korban Jiwa

ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/aww.
Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Smelter Freeport di Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated and Industrial Port Estate (KEK JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Sabtu (25/5/2024).
14/10/2024, 20.35 WIB

PT Freeport Indonesia (PTFI) mengatakan telah terjadi kebakaran di pabrik asam sulfat pada fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) Manyar yang berada di kawasan industri terintegrasi (JIIPE) Gresik, Jawa Timur.

VP Corporate Communications PTFI, Katri Krisnati mengatakan kebakaran ini terjadi pada Senin (14/10), pada pukul 17.45 WIB. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Keselamatan para karyawan merupakan prioritas kami,” kata Katri kepada Katadata.co.id pada Senin malam (14/10).

Katri mengatakan peristiwa ini langsung ditangani oleh tim tanggap darurat PTFI yang langsung berusaha memadamkan api tersebut.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru meresmikan aktivitas produksi smelter tembaga Manyar milik PTFI pada Senin (23/9). Smelter senilai Rp 56 triliun tersebut memiliki kapasitas pengolahan konsentrat tembaga hingga 1,7 juta ton untuk menghasilkan 900 ribu ton katoda tembaga, 50 ton emas, dan 210 ton perak per tahun. 

Pabrik pengolahan dan pemurnian ini berada di lahan seluas 104 hektare. Kehadirannya diharapkan dapat meningkatkan nilai ekspor komoditas tambang hingga berkali-kali lipat. 

Jokowi memperkirakan adanya Rp 80 triliun tambahan pemasukan negara dari Freeport berupa deviden, royalti, pajak penghasilan (PPh) badan, PPh karyawan, pajak daerah, hingga pajak ekspor atau bea keluar. 

"Pembangunan smelter PT Freeport Indonesia ini merupakan usaha kita untuk menyongsong Indonesia menjadi negara industri maju, yang mengolah sumber daya alamnya sendiri dan tidak mengekspor barang mentah," kata Jokowi, dikutip dari siaran kanal Youtube Sekretariat Presiden. 

Reporter: Mela Syaharani