Prasetyo Hadi, Calon Kuat Mensesneg di Kabinet Prabowo dari SMA Taruna Nusantara

Instagram/prasetyo_hadi28
Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Prasetyo Hadi.
15/10/2024, 07.02 WIB

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengundang 49 politisi dan tokoh nasional ke kediamannya di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10).  Dalam pertemuan tersebut, Prabowo ingin memastikan kesediaan mereka untuk bergabung sebagai menteri pada masa pemerintahan 2024-2029. 

Satu di antara politisi yang memenuhi undangan tersebut adalah Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Prasetyo Hadi. Dia digadang-gadang dipilih Prabowo untuk menjadi menteri sekretaris negara alias Mensesneg.

Prasetyo hadir ke Kertanegara mengenakan busana batik lengan panjang, serupa dengan mayoritas tokoh yang hadir saat itu. Setelah pertemuan, Prasetyo menemui wartawan yang siap berjaga di gerbang rumah Prabowo.

Dia mengatakan, bahwa dirinya diminta Prabowo untuk membantu di pemerintahan. Meski begitu, Prasetyo belum menjelaskan secara detil terkait posisi yang akan dijabatnya nanti.

"Sebagai kader Gerindra, saya menyatakan siap dan bersedia kalau diberi penugasan oleh Pak Prabowo. Untuk posisi belum, pembahasannya tadi lebih secara umum," kata Prasetyo. 

Kendati enggan membocorkan posisi menteri yang akan dijabatnya kelak, dirinya mendapat petuah dari Prabowo soal target-target prioritas pemerintah ke depan.

Dia menceritakan, Prabowo membutuhkan koordinasi dan sinergi antar kementerian yang kuat dan kerja sama yang bersatu padu untuk mencapai target-target program prioritas pemerintahannya.  

"Pak Prabowo tadi memberikan gambaran bahwa ke depan target dan program prioritas beliau sangat berat, dan itu membutuhkan koordinasi antar kementerian dan membutuhkan sinergi," ujar Prasetyo. 

Jejak Rekam Prasetyo Hadi

Prasetyo Hadi aktif sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sejak Juli 2020 menggantikan Harry Poernomo yang mengundurkan diri. Dia ditempatkan di Komisi II DPR yang membidangi lingkup tugas di bidang dalam negeri, sekretariat negara, dan pemilihan umum (Pemilu). 

Prasetyo pun kembali terpilih menjadi anggota DPR periode 2024-2029 mewakili daerah pemilihan Jawa Tengah VI meliputi Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kota Magelang dengan perolehan 105.580 suara. 

Pria kelahiran Ngawi, 28 Oktober 1979 itu merupakan alumnus SMA Taruna Nusantara (Tarnus) angkatan ke-6. Selain kiprahnya di Partai Gerindra, ia juga berperan dalam kampanye pemenangan Prabowo pada Pilpres 2024. 

Di luar politik, Prasetyo juga aktif di Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) sebagai wakil ketua. Selain itu, Prasetyo Hadi merupakan lulusan Konservasi dan Sumber Daya Hutan dari Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Sejumlah alumni SMA Taruna Nusantara sempat mendapat sorotan khusus dari Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo.  Adik Prabowo itu mengungkapkan, pilihan Prabowo yang akan menggandeng lulusan SMA Taruna Nusantara sebagai menteri di pemerintahannya kelak. 

Selain berprofesi sebagai politisi, Prasetya juga pernah menjadi Komisaris PT Sentra Strategis Indonesia pada 2014-2020. Dia juga pernah menjabat Direktur Utama PT Tusen Hutami Lestasi (THL) di tahun 2016-2020. 

PT THL merupakan perusahaan yang beroperasi di beberapa kabupaten di Aceh, termasuk Aceh Tengah, Bireuen, dan Gayo Lues. Perusahaan ini bergerak di bidang kehutanan dengan produk getah pinus.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu