Prabowo Siapkan Dua Nama Wakil Menlu: Anis Matta dan Arrmanatha Nasir

Katadata
Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta di kediaman pribadi Presiden terpilih Prabowo Subianto, Jakarta, Selasa (15/10). Foto: Amelia Yesidora/Katadata
15/10/2024, 15.10 WIB

Presiden terpilih Prabowo Subianto menyiapkan dua calon Wakil Menteri Luar Negeri dalam kabinetnya mendatang. Dua nama tersebut adalah Arrmanatha Nasir dan Anis Matta.

Arrmanatha dan Anis juga telah menemui Prabowo untuk membahas penugasannya. Anis, usai pertemuan, mengatakan dirinya akan fokus diplomasi dengan dunia Islam.

"Beliau (Arrmanatha) akan fokus untuk Amerika (Serikat) dan Eropa," kata Anies di Jalan Kertanegara, Jakarta, Selasa (15/10).

Sedangkan Arrmanatha mengatakan Prabowo berpesan agar Indonesia berperan aktif dalam menghadapi tantangan dunia. Selain itu, ia juga diminta jeli mencari peluang dari dunia internasional bagi Indonesia.

"Kami berdiskusi mengenai tantangan dan peluang yang ada," katanya.

Arrmanatha Nasir menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak 2021. Ia sebelumnya dikenal sebagai Juru Bicara Kemenlu pada 2014 hingga 2019.

Sedangkan Anis Matta merupakan pendiri sekaligus Ketua Umum Partai Gelora. Sebelumnya, Anis pernah menjabat sebagai Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada 2013 hingga 2015.

Adapun, nama yang santer menjadi kandidat kuat Menteri Luar Negeri adalah politikus Gerindra yakni Sugiono.  Dia juga telah dipanggil Prabowo ke Kertanegara pada Senin (14/10).

Reporter: Ade Rosman