Jokowi Respons 16 Menteri Masuk Kabinet Prabowo: Itu Namanya Keberlanjutan

Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat berpidato di Kompas 100 CEO Forum yang digelar di IKN, Kalimantan Timur, Jumat (11/10). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
15/10/2024, 16.34 WIB

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut baik inisiatif Presiden terpilih Prabowo Subianto yang mengajak 16 menteri Kabinet Indonesia Maju untuk kembali menjabat sebagai menteri.

Jokowi mengatakan, langkah Prabowo merupakan upaya untuk mewujudkan mandat keberlanjutan dari rencana, program maupun proyek yang sudah berlangsung dalam sepuluh tahun ke belakang.

Jokowi menyampaikan hal tersebut seusai meresmikan Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) di Kabupaten Aceh Besar pada Selasa (15/10).

"Mengenai kurang lebih 15 atau 16 menteri di kabinet sekarang yang juga dipilih oleh Bapak Prabowo, itu juga saya kira melalui pertimbangan matang, melalui seleksi dan pengalaman beliau berinteraksi selama lima tahun," kata Jokowi.

Dia juga menyoroti pemanggilan menteri Kabinet Indonesia Maju oleh Prabowo yang didominasi oleh menteri yang mengurusi aspek ekonomi. Jokowi menyebut hal itu mengacu pada upaya keberlanjutan kelanjutan program-program pemerintah yang telah berjalan, khususnya di bidang ekonomi.

"Ya itu yang namanya keberlanjutan," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil 49 sosok politisi, pejabat negara maupun tokoh nasional ke rumahnya di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan pada Senin (14/15) malam.

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Katadata)

Pemanggilan tersebut ingin memastikan kesediaan mereka untuk bergabung sebagai menteri pada masa pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dari 49 sosok yang hadir saat itu, 16 di antaranya merupakan menteri yang saat ini membantu Presiden Jokowi di Kabinet Indonesia Maju. Daftar menteri Jokowi yang diajak oleh Prabowo untuk kembali menduduki kursi menteri adalah sebagai berikut:

1. Menteri Keuangan Sri Mulyani.
2. Menteri Sosial Saifullah Yusuf (Gus Ipul).
3. Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harmurti Yudhoyono (AHY).
4. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.
5. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.
6. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia.
7. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.
8. Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
9. Menteri BUMN Erick Thohir.
10. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
11. Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.
12. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono
13. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
14. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.
15. Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas.
16. Menteri Investasi Rosan Roeslani.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu