Prabowo Beri Calon Menteri Bekal Gagasan 2 Hari di Hambalang, Politik hingga AI

Fauza Syahputra|Katadata
Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad (tengah) menyampaikan keterangan pers seusai pertemuan sejumlah tokoh dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024).
Penulis: Ade Rosman
16/10/2024, 12.52 WIB

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengumpulkan calon menteri, wakil menteri, dan kepala lembaga di kediamannya, di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Para calon pengisi kabinet mendatang itu dikumpulkan dalam rangka pembekalan langsung oleh Prabowo.

Pembekalan dilakukan selama dua hari, yakni pada Rabu (16/10) hingga Kamis (17/10). Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan sejumlah pemabahasan dalam pembekalan tersebut.

Menurut Dahnil, pada Rabu pagi, Prabowo membuka acara dengan sambutan, dilanjutkan dengan pengenalan. Pembahasan diawali dengan mengupas berbagai isu terkait topik geopolitik.

Pertemuan hari pertama dilanjutkan dengan membahas topik kesuksesan sebuah negara pada pukul 13.30 WIB. Kegiatan diikuti dengan  membahas gross domestic product (GDP) yang menjadi penutup hari.

Pada Kamis (17/10), artificial intelegence menjadi topik pembuka pembekalan. Dilanjutkan dengan pembahasan komunikasi. Pada pukul 12.00 WIB, topik yang akan dibahas mengenai lapangan kerja masa depan. Dilanjutkan dengan topik antikorupsi sebelum akhirnya penutupan.

Di sisi lain, Komandan Detasemen Pengawalan Khusus Menhan, Letkol Inf. G. Borlak mengatakan, jumlah menteri dan kepala lembaga yang hadir pada hari ini berjumlah 59.

"Yang sesuai data 59 orang," kata Borlak di Hambalang, Rabu (16/10). 

Sebelumnya Ketua Harian Partai Gerindra mengatakan jumlah menteri di kabinet Prabowo berkisar 46. Beberapa menteri akan dibantu lebih dari satu wakil menteri. 

Adapun pelantikan rencananya akan digelar pada 20 Oktober 2024 di hari yang sama dengan pelantikan Prabowo - Gibran. 

Reporter: Ade Rosman