Investor Kawakan Ray Dalio Jadi Pemateri Pembekalan Calon Menteri di Hambalang

Media Center IAF II-HLF MSP/Ari Bowo Sucipto/nym
Founder of Bridgewater Associates Ray Dalio menyampaikan paparan dalam Diskusi Panel I Indonesia Africa Forum (IAF) II di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (2/9/2024).
17/10/2024, 14.39 WIB

Investor kawakan global Ray Dalio menjadi salah satu pemateri dalam pembekalan calon menteri kabinet Prabowo Subianto pada Rabu (16/10). Dalio memberi pembekalan secara daring.

Hal ini terligat lewat unggahan Instagram Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. Ia membagikan layar presentasi bertuliskan What Would I Do If I Were In Your Shoes. Di sebelah kanan, ada wajah Ray Dalio menggunakan batik dan suasana pembekalan para menteri di Hambalang.

“Hambalang retreat,” tulisnya di unggahan terpisah, Rabu (16/10). 

 Acara pelatihan ini dilakukan selama dua hari. Pembekalan hari pertama, Rabu (16/10) ditujukan buat calon menteri sementara hari ini, Kamis (17/10) buat calon wakil menteri. 

Dari informasi yang diperoleh Katadata.co.id, ada empat pembicara dalam acara kemarin. Pertama sesi pembukaan dari Riaz Shah, lalu topik geopolitik dari akademisi hubungan internasional John Mearshimer. 

 Ray Dalio memberikan sesi bertajuk Why Nations Succeed and Fail lewat Zoom meeting pada 13.30 hingga 15.30. Sesi selanjutnya adalah Hunter Lee Soik terkait peningkatan GDP dua kali lipat dalam waktu 10 tahun.  Sesi penutup dibawakan Menteri Persatuan Urusan Minoritas India, Smriti Irani, via Zoom, bersama pakar bidang komunikasi Ana Moraru. 

Sesi pembekalan hari ini bakal dibuka dengan topik Future of AI oleh pakar AI Michael Housman. Lalu Ana Moraru bakal memberi pelatihan bagaimana menangani jurnalis. 

Sesi ketiga terkait masa depan pekerjaan dibawakan oleh Riaz Shah. Sesi keempat terkait antikorupsi dibawakan Maryam Hussein. Usai empat sesi itu, Riaz Shah bakal memberi kesimpulan. Prabowo Subianto kemudian menutup pelatihan hari ini sekitar 16.00 WIB.

Salah satu peserta yang ikut dalam pembekalan kemarin, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti menyebut enam topik arahan yang diberikan Prabowo dan para pembicara. Topik yang disampaikan Mu'ti tak jauh dari yang beredar di kalangan media.

Topik pertama adalah pengenalan dan orientasi kabinet. Topik kedua membahas soal geopolitik global. Pembekalan ketiga mengambil topik kesuksesan dan kegagalan negara.

Sedangkan topik keempat adalah komunikasi politik. Pembekalan kelima adalah meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB). Sedangkan topik terakhir adalah program andalan Prabowo yakni pemberian makanan bergizi.

"Pak Prabowo menekankan pentingnya kerja sama dan penyelenggaraan negara yang bebas dari korupsi," kata Abdul Mu'ti dalam pesan singkat Whatsapp ke awak media, Rabu (16/10).

Reporter: Amelia Yesidora