Deret Kepala Negara Hadiri Pelantikan Prabowo, Sultan Brunei hingga Wapres Cina

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/YU
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka (kedua kiri) saat mengikuti geladi bersih pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10/2024).
20/10/2024, 07.04 WIB

Sejumlah kepala negara menghadiri pelantikan  pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, Minggu (20/10) pagi. Tamu negara tersebut telah tiba di Indonsia sejak Jumat malam (18/10).

Diketahui, tamu negara yang sudah tiba terlebih dahulu di Jakarta pada Sabtu pagi adalah Wakil Pertama Perdana Menteri Rusia Denis Manturov, Perdana Menteri Vanuatu Charlot Salwai Tabimasmas, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, dan Wakil Presiden Laos Pany Yathotou.

Wakil Perdana Menteri Qatar Dr. Khalid bin Mohamed Al-Attiyah dan Wakil Presiden Vietnam Vo Thi Anh Xuan juga telah tiba pada Sabtu pagi. Sementara itu, Mantan Presiden Jerman Christian Wulff tiba di Indonesia pada Jumat (18/10) malam, sehingga menjadi tamu negara pertama yang hadir untuk pelantikan Prabowo-Gibran.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani kemudian menyambut Wakil Perdana Menteri Qatar Dr. Khalid bin Mohamed Al-Attiyah dan Wakil Perdana Menteri Thailand Anutin Charnvirakul melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur,

Lebih lanjut, tamu-tamu negara yang tiba melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, adalah Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, yang kedatangannya disambut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Perdana Menteri Kamboja Hun Manet dan Wakil Presiden China Han Zheng juga tiba melalui bandara tersebut. Kedatangan mereka disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Wapres Cina Langsung Temui Jokowi

Usai tiba di Jakarta, Wapres China Han Zheng langsung bertemu Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungan ke Istana Negara. Han Zheng menyampaikan salam dari Presiden China Xi Jinping kepada Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu malam.

“Terima kasih atas undangan yang mulia. Presiden Xi Jinping sangat menginginkan hubungan (erat) dengan Indonesia. Beliau juga menghargai persahabatan antara beliau dengan Jokowi,” kata Han Zheng sebagaimana disampaikan oleh penerjemah.

Sementara itu, Utusan Khusus Presiden Uni Emirat Arab Nahyan bin Mubarak Al-Nahyan yang juga tiba di Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, disambut Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono. Layaknya pimpinan negara lain yang sudah tiba lebih dulu, upacara penyambutan dilakukan dengan melibatkan pasukan jajar kehormatan.

Sejumlah duta besar asing di Jakarta akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang akan berlangsung di Gedung MPR/DPR RI Jakarta pada Ahad (20/10).

Menurut informasi Kedutaan Besar (Kedubes) Uni Emirat Arab (UAE) di Jakarta, Sabtu, Dubes UAE untuk Indonesia Abdulla Salem Al Dhaheri akan hadir secara langsung pada acara pelantikan Presiden Prabowo. Kedubes Hongaria di Jakarta juga mengonfirmasi kehadiran Dubes Hongaria untuk Indonesia Lilla Karsay pada acara pelantikan Presiden Prabowo pada akhir pekan ini.

Sementara itu, Kedubes Australia di Jakarta mengatakan bahwa Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Australia Richard Marles akan mewakili Australia dalam upacara pelantikan Prabowo. Marles menyatakan bahwa kehadirannya tersebut mencerminkan hubungan antara Australia dan Indonesia yang senantiasa erat di tahun ke-75 hubungan diplomatik.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pada Jumat (18/10), t tamu negara yang mengonfirmasi hadir berasal dari 20 negara plus satu utusan PBB, serta akan terdapat 13 perwakilan khusus kepala negara. Acara pelantikan pada Minggu tersebut diperkirakan akan dihadiri sekitar 1.100 orang.

Reporter: Antara