Istana Bersolek Sambut Presiden Baru, Gelar Karpet hingga Siapkan Lontong Kikil

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Pekerja menyiapkan karpet merah untuk acara pisah sambut presiden di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (19/10/2024). Persiapan tersebut untuk acara prosesi pisah sambut Presiden Joko Widodo dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto usai dilantik di Gedung MPR/DPR pada Minggu (20/10).
20/10/2024, 07.19 WIB

Istana Merdeka bersolek untuk menyambut kedatangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Baru yang akan dilantik hari ini, Minggu (20/10). Sejumlah persiapan pun telah dilakukan mulai dari menggelar karpet merah hinggamenu khusus.

Karpet merah mulai dibentangkan di halaman Istana Merdeka sejak Sabtu (19/10). Berdasarkan pantauan, selain karpet merah, tenda dan kursi untuk tamu undangan juga disiapkan di halaman Istana Merdeka.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029 di gedung parlemen, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024. Rencananya usai dilantik di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Presiden RI periode 2024—2029 Prabowo Subianto akan melakukan prosesi pisah sambut dengan Presiden RI periode 2019—2024 Joko Widodo di Istana Merdeka.

Pihak Istana turut mengundang tamu-tamu negara untuk hadir menyaksikan acara tersebut.

Siapkan Menu Lontong Kikil

Juru masak Istana Kepresidenan Jakarta menyiapkan menu makanan utama berupa lontong kikil hingga makanan ringan jajanan pasar untuk dihidangkan bagi para tamu negara yang hadir di acara pisah sambut kepala negara.

Hal itu disampaikan Direktur Operation Food & Beverage Indonesia Convention Exibition (ICE), Algamar,  yang dijumpai saat persiapan di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

"Menu spesial hari ini lontong kikil, dimsum, sama makanan ringan jajanan pasar," katanya.

Pihaknya memfasilitasi koki profesional untuk melayani para tamu negara, masing-masing dua orang koki di ruang President Lounge dan Kantor Presiden Jakarta. Ia mengatakan persiapan memasak dimulai sejak pukul 06.30 WIB di dapur Istana untuk disuguhkan kepada tamu negara yang hadir pada saat jam makan siang mulai 12.00 WIB.

Seluruh masakan santap siang itu disediakan oleh sekitar enam orang pramusaji, kata Algamar menambahkan.
"Persiapan pagi sudah all prepared, tadi sudah ready semua," katanya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan prosesi pisah sambut akan dilaksanakan setelah Prabowo Subianto-Gubran Rakabuming Raka dilantik sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden periode 2024-2029 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Usai pelantikan, Pak Jokowi akan lebih dulu ke Istana Jakarta. Nanti Pak Presiden Prabowo menyusul untuk acara pisah sambut," katanya.

Pratikno mengatakan bahwa di Istana pada hari ini hanya akan ada acara pisah sambut, dilanjutkan dengan keberangkatan Presiden Jokowi pulang ke Solo sekitar pukul 15.00 WIB. Selain itu, rencananya juga digelar agenda jamuan makan malam di Istana Kepresidenan Jakarta bersama para tamu penting.