Rekayasa Lalu Lintas dan Transportasi Umum Saat Pelantikan Presiden Prabowo

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc.
Bus listrik melintas di Jl MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (27/12/2022).
20/10/2024, 07.44 WIB

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas sehubungan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada Minggu (20/10). Sejumlah transportasi umum juga merekayasa rute dan memberikan tarif diskon khusus di hari pelantikan Presiden RI. 

"Untuk menunjang rangkaian kegiatan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029, akan ada rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan mulai pukul 08.00-16.00 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (20/10). 

Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 pada Minggu (20/10) mulai pukul 10.00 WIB di Gedung MPR/DPR RI Jakarta. Setelah itu, Prabowo dan Gibran direncanakan ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden 2014-2019 dan 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi) pada seore harinya,

Rekayasa lalu lintas saat rangkaian pelantikan berlangsung:

1. Lalu lintas dari Arah Timur (Pasar Senen) ke Barat (Arah Tomang) dapat melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Dr. Sutomo-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Katedral-Jalan Veteran-Jalan Suryapranoto-Jalan Balikpapan- Jalan Kyai Caringin-Jalan Tomang Raya dan seterusnya.

2. Lalu lintas dari Arah Barat (Tomang) menuju Arah Timur (Pasar Senen) dapat melalui Jalan Tomang Raya-Jalan Kyai Caringin-Jalan Balikpapan-Jalan Suryapranoto-Jalan Ir. Haji Juanda-Jalan Pos dan seterusnya.

3. Lalu lintas dari Utara ke Selatan dapat melalui Jalan Ir. H. Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Pejambon-Jalan M Ridwan Rais ke arah Rasuna Said dan seterusnya.

4. Lalu lintas dari Utara ke Selatan dapat melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Kramat Raya-Jalan Salemba-Jalan Proklamasi-Jalan Tambah-Jalan Prof. Dr. Sahardjo dan seterusnya.

5. Lalu lintas dari Arah Utara (Tanah Abang) menuju Arah Timur (Pancoran) dapat melalui Jalan KH Mas Mansyur Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan Casablanca Raya-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

6. Lalu lintas dari Arah Barat (Slipi) menuju Arah Timur (Pancoran) dapat melalui Jalan Slipi I-Jalan Jatibaru Raya-Jalan Fachrudin-Jalan KH Mas Mansyur Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan Casablanca Raya-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

7. Lalu lintas dari Arah Barat (Petamburan) menuju Arah Timur (Pancoran) dapat melalui Jalan KS Tubun-Jalan Kebon Jati-Jalan Facrudin-Jalan KH Mas Mansyur Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan Casablanca Raya-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

8. Lalu lintas dari Arah Timur (Manggarai) menuju Arah Barat (Palmerah) dapat melalui Jalan Galunggung-Jalan RM Margono Joyohadikusumo-Jalan Penjernihan I-Jalan Penjompongan Raya dan seterusnya.

9. Lalu lintas dari Arah Barat (Palmerah) menuju Arah Timur (Manggarai) dapat melalui Jalan Tentara Pelajar-Jalan Palmerah Timur-Jalan Penjompongan Raya-Jalan Penjernihan I- Jalan RM Margono Joyohadikusumo-Jalan Galunggung dan seterusnya.

10. Lalu lintas dari Arah Timur (Pancoran) menuju Arah Utara (Tanah Abang) dapat melalui Jalan Gatot Subroto-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan KH Mas Mansyur dan seterusnya.

11. Lalu lintas dari Arah Timur (Pancoran) menuju Arah Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Jenderal Gatot Subroto-Jalan Terusan HR Rasuna Said atau dapat melalui Jalan Kapten Tendean-Jalan Woltermonginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Panglima Polim dan seterusnya.

12. Lalu lintas dari Arah Selatan (Blok M) menuju Arah Utara (Tanah Abang) dapat melalui Jalan Panglima Polim-Jalan Sisingamangaraja-Jalan Hang Lekir I-Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Bendungan Jatiluhur-Jalan Bendungan Hilir- Jalan KH Mas Mansyur dan seterusnya.

Pada saat Presiden dan Wakil Presiden terpilih Periode 2024-2029 telah dilantik di Gedung DPR/MPR RI dan menuju Istana Merdeka, dilakukan pembukaan arus lalu lintas secara bertahap di Jalan Jenderal Gatot Subroto mulai dari segmen Simpang Kuningan sampai dengan Simpang Slipi Petamburan.

Syafrin mengimbau, kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan. Selain itu, bagi para pengguna kereta api jarak jauh yang akan menuju Stasiun Gambir dapat menyesuaikan waktu perjalanannya.

"Patuhi rambu–rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," ujar Syafrin.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau warga yang tidak berkepentingan agar menghindari Jalan Sudirman-MH Thamrin saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu (20/10). Hal itu karena jalan protokol tersebut akan dilalui oleh tamu negara. Selain itu adanya panggung-panggung hiburan.

"Bagi yang tidak berkepentingan silakan untuk menghindari jalur-jalur lintasan yang kemungkinan ada rekayasa lalu lintas," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin di Jakarta, Jumat (18/10).

Modifikasi Rute Transjakarta

PT Transportasi Jakarta memodifikasi waktu layanan di lebih dari 25 rute untuk mendukung gelaran pesta rakyat saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu (20/10).

Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta Ayu Wardhani dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, menyebutkan, sembilan rute, yakni 1B, 1F, 1H, 1N, 1P, 1R, 6A, 6B, 9C beroperasi pukul 05.00-10.00 WIB dan 16.00-22.00 WIB.
Sementara 17 rute seperti 1, 1A, 2, 2A, 2P, 3, 3F, 4C, 5C, 5M, 6D, 6M, 6V, 7F, 9D, 10H, 14A beroperasi pukul 10.00 - 16.00 WIB.

Selain itu, Transjakarta juga tidak mengoperasikan tiga bus wisata, yakni BW1 (Sejarah Jakarta), BW2 (Monas Explorer) dan BW4 (Pencakar Langit).

"Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan pesta rakyat secara langsung, dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil presiden besok diharapkan bisa menyesuaikan perjalanan," ujar Ayu.

Terdapat 13 panggung hiburan guna memeriahkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Ke-13 titik panggung berada di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin antara lain depan Gedung BRI, depan Mid Plaza, depan gedung BNI Tower, depan Gedung Plaza Indonesia, depan Gedung Sarinah dan Bundaran Patung Kuda.

Rekayasa KAI serta Tambah Jadwal Commuter Line dan LRT

PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) mengalihkan 32 kereta api (KA) keberangkatan dan kedatangan dari Stasiun Gambir ke Stasiun Jatinegara saat pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, mengatakan bahwa salah satu upaya yang dilakukan KAI untuk mengantisipasi pada momen tersebut, antara lain pengaturan rekayasa operasional kereta api jarak jauh (KAJJ) yang berangkat dari Stasiun Gambir pada Minggu, 20 Oktober 2024.

"Pengaturan rekayasa operasi KA, di antaranya 27 keberangkatan KA jarak jauh dan lima kedatangan KA jarak jauh Stasiun Gambir diberhentikan di Stasiun Jatinegara untuk proses naik-turun penumpang," kata Anne dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Dia menyampaikan bahwa hal itu dilakukan guna mengantisipasi keterlambatan para pengguna jasa kereta api menuju Stasiun Gambir, akibat pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan raya menuju area Stasiun Gambir.

Anne menjelaskan pada Sabtu-Minggu (19-20) Oktober, KAI Commuter akan mengoperasikan layanan pola operasi perjalanan Commuterline mengacu pada pola operasi hari kerja dengan 1.048 perjalanan.

Sebagai bagian dari rangkaian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, KAI akan mengoperasikan 364 perjalanan LRT Jabodebek, meningkat dari yang sebelumnya 260 perjalanan. Hal itu untuk mengantisipasi peningkatan mobilisasi masyarakat di Koridor antara Harjamukti/Jatimulya-Cawang-Dukuh Atas.

"Dengan headway 11 menit pada lintas Jatimulya/Harjamukti-Cawang, dan 5 menit pada lintas Cawang-Dukuh Atas, KAI memastikan mobilitas masyarakat yang lebih lancar, terutama yang menuju area Pesta Rakyat di sekitar Jl Sudirman, Jl Thamrin, dan Jl Merdeka Barat,” kata Anne.

27 keberangkatan dan lima kedatangan KA jarak jauh yang berhenti di Stasiun Jatinegara:

Keberangkatan

* KA 18A Argo Semeru, berangkat Stasiun Gambir pukul 06.20 WIB

* KA 7048A Papandayan, berangkat Stasiun Gambir pukul 06.30 WIB

* KA 14 Muria, berangkat Stasiun Gambir pukul 07.00 WIB

* KA 2 Argo Bromo Anggrek, berangkat Stasiun Gambir pukul 08.20 WIB

* KA 26 Argo Cheribon, berangkat Stasiun Gambir pukul 08.30 WIB

* KA 68 Taksaka, berangkat Stasiun Gambir pukul 09.20 WIB

* KA 7028A Pangandaran, berangkat Stasiun Gambir pukul 09.30 WIB

* KA 62A Sembrani, berangkat Stasiun Gambir pukul 09.50 WIB

* KA 22A Argo Cheribon, berangkat Stasiun Gambir pukul 10.10 WIB

* KA 80F Manahan, berangkat Stasiun Gambir pukul 10.30 WIB

* KA 58 Brawijaya, berangkat Stasiun Gambir pukul 15.40 WIB

* KA 60 Bima, berangkat Stasiun Gambir pukul 17.00 WIB

* KA 28 Argo Cheribon, berangkat Stasiun Gambir pukul 18.10 WIB

* KA 78F Pandalungan, berangkat Stasiun Gambir pukul 20.05 WIB

* KA 4 Argo Bromo Anggrek, berangkat Stasiun Gambir pukul 20.30 WIB

* KA 8 Argo Lawu, berangkat Stasiun Gambir pukul 20.45 WIB

* KA 72 Purwojaya, berangkat Stasiun Gambir pukul 21.10 WIB

* KA 70 Taksaka, berangkat Stasiun Gambir pukul 21.40 WIB

* KA 7046A Argo Parahyangan Tambahan, berangkat Stasiun Gambir pukul 22.15 WIB

* KA 16 Argo Muria, berangkat Stasiun Gambir pukul 22.30 WIB

* KA 82F Manahan, berangkat Stasiun Gambir pukul 22.50 WIB

* KA 30F Argo Cheribon, berangkat Stasiun Gambir pukul 23.30 WIB

Kedatangan

* KA 3 Argo Bromo Anggrek, relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir

* KA 7 Argo Lawu, relasi Solo Balapan-Gambir

* KA 1 Argo Bromo Anggrek, relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir

* KA 7047A Papandayan, relasi Garut-Gambir

* KA 7027A pangandaran, relasi Banjar-Gambir

Reporter: Antara