AHY Tanggapi Rumor Jadi Menteri Koordinator Kabinet Prabowo

ANTARA FOTO/Jessica Wuysang/YU
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan keterangan pers di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (22/6/2024).
20/10/2024, 09.19 WIB

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), merespons rumor dirinya akan menjadi Menteri Koordinator (Menko) di kabinet yang akan dipimpin Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Putra presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu enggan menjawab secara jelas, ia hanya berkata untuk menunggu pengumuman resmi dari Prabowo selaku presiden terpilih.

"Nanti tunggu pengumumannya," kata AHY di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Di sisi lain, AHY menyebut Prabowo akan mengumumkan kabinet pemerintahannya usai dilantik. "Saya dengar Pak Prabowo Subianto setelah pelantikan ini juga akan mengumumkan susunan kabinet secara resmi," kata dia.

AHY berharap kabinet yang disusun Prabowo dapat menjadi superteam yang efektif di lima tahun kedepan pemerintahannya. "Mudah-mudahan bisa menjadi sebuah superteam yang solid dan efektif menjalankan tugas-tugasnya," kata dia. 

Pengumuman kabinet Prabowo malam ini dibenarkan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. “Nanti malam, Insya Allah nanti malam. Jam-nya belum tahu, tetapi akan diumumkan oleh presiden terpilih di Istana,” kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di sekitar Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Setelah pengumuman kabinet, para Menteri bakal langsung dilantik sebagai menteri pada Senin pagi. Sedangkan para wakil menteri akan dilantik pada Senin sore hari. B

eberapa hari sebelum pelantikan, Prabowo telah memanggil 100 lebih calon menteri, calon wakil menteri, dan calon kepala badan ke kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta. Dia juga memberi pembekalan kepada mereka di kediamannya yang berada di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Reporter: Ade Rosman