Kemerdekaan Palestina Bergema saat Pelantikan Prabowo Jadi Presiden

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
20/10/2024, 12.27 WIB

Kemerdekaan Palestina bergema saat Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wapres RI di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Jakarta, Minggu (20/10). Perjuangan untuk kemerdekaan Palestina diserukan oleh Presiden Prabowo Subianto dan Ketua MPR Ahmad Muzani dalam pidatonya.

Presiden Prabowo Subianto berjanji akan memberikan lebih banyak upaya untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Hal itu disampaikan Prabowo dalam pidato pertamanya sebagai presiden usai dilantik di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Minggu (20/10).

Dia menegaskan Indonesia tetap memilih jalan bebas aktif. Indonesia tidak akan mengikuti pakta militer manapun dan memilih jalan bersahabat dengan semua negara.

"Sudah berkali-kali saya canangkan Indonesia akan menjalankan politik luar negeri sebagai negara yang ingin menjadi tetangga yang baik, we want to be a good neighbor. Kita ingin menganut filosofi kuno seribu kawan terlalu sedikit satu lawan terlalu banyak," katanya.

Namun demikian, dia mengatakan, Indonesia memiliki prinsip anti penjajahan dan penindasan. Pasalnya, Indonesia pernah mengalami penjajahan dan penindasan.

"Kita anti rasialisme, anti apartheid, karena kita pernah mengalami waktu kita dijajah. Kita bahkan digolongkan lebih rendah dari anjing, banyak prasasti dan marmer papan-papan dimana disebut verboden voor honden en inlander (anjing dan pribumi dilarang masuk). Saya masih liat prasastinya di kolam renang manggarai tahun 78," ujarnya.

Prabowo mengatakan Indonesia memiliki prinsip solidaritas membela rakyat yang tertindas di dunia ini. Karena itu, sebagai Presiden RI, dia akan mendukung kemerdekaan rakyat Palestina.

Kirim Lebih Banyak Bantuan

Selain itu, Presiden ke-8 RI itu berjanji akan memberikan lebih banyak bantuan untuk Palestina. Prabowo mengatakan, sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah mengirim banyak bantuan, khususnya dari segi medis.

"Kita pun siap untuk mengirim bantuan yang lebih banyak, dan kita siap untuk evakuasi mereka-mereka yang luka dan anak-anak yang trauma dan korban," kata Prabowo.

Sebelumnya, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Muzani mendorong Prabowo Subianto untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

"Palestina bukan hanya masalah regional, tapi juga merupakan permasalahan kemanusiaan yang membutuhkan perhatian dan dukungan kita semua," kata Muzani.

Ia mengatakan Indonesia sebagai negara yang menjunjung tinggi prinsip keadilan dan kemanusiaan memiliki tanggung jawab moral untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina. Muzani menitipkan keberpihakan Palestina itu pada Prabowo selaku presiden lima tahun mendatang. 

"Kepada Presiden Prabowo Subianto melalui mimbar yang terhormat ini, kami berharap agar dapat melanjutkan komitmen perjuangan ini, menjadikan dukungan terhadap kemerdekaan palestina sebagai bagian dari kebijakan politik luar negeri kita," kata Muzani.

Seusai Muzani menyampaikan itu, nyanyian free palestine bergema di ruang sidang. 



Reporter: Ade Rosman