Bareng di Kabinet Prabowo, Cak Imin Sebut Komunikasi dengan Gus Ipul Membaik

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar tiba di kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).
21/10/2024, 15.22 WIB

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan dirinya kini mulai menjalin komunikasi dengan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Muhaimin menjelaskan, saat ini dirinya dan Gus Ipul tengah dipercaya untuk menjadi bagian dari Kabinet Merah-Putih pimpinan Presiden Prabowo Subianto. Muhaimin kini menjabat sebagai Menteri Koodinator (Menko) Bidang Pemberdayaan Masyarakat, sedangkan Gus Ipul menduduki posisi Menteri Sosial.

Dengan jabatan sebagai Menko Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Muhaimim memiliki tanggung jawab untuk mengoordinasikan lima kementerian teknis, yakni Kementerian Koperasi, Kementerian Sosial, Kementerian Ekonomi Kreatif, Kementerian Perlindungan Pekerja Migran dan Kementerian Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

"Salah satu kementerian yang membidangi kesejahteraan sosial adalah bagian dari tugas kami," kata Muhaimin di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (21/10).

Pria yang kerap disapa Cak Imim itu menyatakan bahwa hubungan kerja yang menempatkannya sebagai 'atasan' Gus Ipul mengharuskan komunikasi di antara mereka berjalan dengan baik. " Itu wajib," ujar Muhaimin.

PBNU dan PKB belakangan tengah berkonflik karena pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Angket Penyelenggaraan Haji 2024 di DPR. Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf menduga ada hubungan antara pansus haji dengan dirinya selaku ketua PBNU dan adiknya Yaqut Cholil Qoumas yang menjabat Menteri Agama.

Usai sidang kabinet paripurna terakhir di IKN (ANTARA FOTO/M Risyal Hiday)

Muhaimin menjelaskan, pansus angket haji ini berawal dari Komisi VIII yang mengalami kemacetan rapat dengan Kementerian Agama karena tidak mendapat data yang memadai.

PBNU kemudian membentuk pansus PKB untuk mengevaluasi elite partai politik yang salah satunya didirikan oleh almarhum KH Abdurrahman Wahid itu. Gus Ipul menilai PKB telah melenceng dari tujuan awal pendiriannya karena berusaha menjauhkan peran kyai.

Selain itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah barang dari rumah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Abdul Halim merupakan kakak kandung dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Momen tersebut terjadi berdekatan dengan pelantikan Gus Ipul sebagai Menteri Sosial di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu, 11 September lalu.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu