Janji Ridwan Kamil: Sekolah Swasta Gratis di Jakarta hingga Dana Rp 1 M untuk RW

Fauza Syahputra|Katadata
Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (tengah) menyampaikan keterangan pers usai mengikuti debat perdana Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).
27/10/2024, 20.07 WIB

Calon Gubernur Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil menjelaskan rencananya jika terpilih memimpin Jakarta. Salah satunya adalah pendidikan gratis bagi murid sekolah swasta.

"Gratis bagi sekolah swasta mulai SD hingga SLTA," kata Ridwan Kamil dalam debat kedua Pilkada Jakarta seperti disiarkan dalam Youtube KPU Jakarta, Minggu (27/10).

Kang Emil menjanjikan cakupan jaminan sosial dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bisa mencapai 100%. Menurutnya, saat ini masih ada 10% masyarakat Jakarta yang tak terakses BPJS.

Selain itu, untuk mendukung porgram pemerintah pusat, ia juga akan menambahkan makanan gratis untuk segmen yang membutuhkan. Mantan Gubernur Jawa Barat itu juga menyiapkan mobil keliling untuk melayani lansia hingga difabel.

"Untuk stres, ada aplikasi maupun mobil curhat," katanya.

Selain itu, Ridwan Kamil berencana menjadikan Jakarta sebagai pusat industri halal. Janji lainnya adalah pemberian Rp 1 miliar untuk setiap rukun warga (RW) dalam jangka waktu tertentu.

"Akan ada akademi digital untuk 100 ribu gen z," katanya.

Janji lainnya adalah menghadirkan hunian di atas stasiun hingga menumbuhkan pusat pertumbuhan baru di Jakarta.