Atasi Kesulitan Kelas Menengah, Ridwan Kamil - Suswono Siapkan Kartu KAMU

ANTARA FOTO/Fauzan/YU
Pasangan bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (kiri) dan bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Suswono (kanan) menyapa wartawan setibanya di Kantor KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Jakarta, Rabu (28/8/2024). Pasangan Ridwan Kamil-Suswono mendaftarkan diri sebagai peserta Pilgub DKI Jakarta 2024 dengan dukungan dari partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.
27/10/2024, 21.19 WIB

Tiga calon gubernur Jakarta memaparkan strategi mereka mengatasi kelesuan masyarakat kelas menengah. Pasangan Ridwan Kamil - Suswono menyiapkan sejumlah kartu untuk mengatasi hal ini.

Salah satunya adalah Kartu KAMU yang artinya Kartu Jakarta Maju. Kartu ini akan menggabungkan semua program bantuan sejak era kepemimpinan Anies Baswedan.

"Akan menggabungkan semua kartu-kartu bagus era Pak Anies," kata calon wakil gubernur nomor urut 01 Suswono saat debat Pilkada Jakarta, Minggu (27/10) seperti disiarkan dalam Youtube KPU Jakarta.

Tak hanya itu, pasangan RIDO akan menerbitkan Kartu Yatim bagi anak yatim dan piatu. Mereka juga akan menyiapkan sekolah perempuan. "Agar mereka bisa mendapatkan tambahan pendapatan," katanya.

Sedangkan cawagub nomor urut 03, Rano Karno, mengatakan pemerintah daerah harus mampu memperpendek rantai pasok kebutuhan pangan. Selain itu, ia akan melanjutkan contract farming.

"Serta operasi pasar, profesional oleh BUMD Jakarta," kata Rano.

Selain itu, ia menjanjikan transportasi publik yang terjangkau. Armada transportasi juga akan ditambah. "Waktu tunggu juga akan dipangkas," ujarnya.

Sedangkan cawagub nomor urut 02, Kun Wardana mengatakan pemda perlu menyiapkan lapangan kerja untuk semua warga. Selain itu, ia berjanji akan melakukan penyesuaian upah berdasarkan survei Kebutuhan Hidup Layak.

Langkah lainnya adalah mendorong UMKM terus produktif. "Makanya akan ada akademi independen yang memberikan dukungan pelatihan gratis," katanya.