Terdongkrak E-Commerce, Jasa Pengiriman Paxel, J&T, Ninja Kompak Naik

Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Pekerja menyortir paket untuk dikirim ke alamat tujuan di Gudang SiCepat Hub, Pluit, Jakarta, Jumat (7/5/2021). Menurut jasa pengiriman tersebut menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah terjadi peningkatan pengiriman barang dari 800 ribu paket menjadi kurang lebih 1,8 juta paket dalam sehari.
9/7/2021, 19.54 WIB

Perusahaan jasa pengiriman logistik Paxel, J&T, hingga Ninja Xpress mencatatkan peningkatan pengiriman barang selama pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat mikro. Di mana, sektor e-commerce menjadi pendorong peningkatan pengiriman tersebut.

Co-founder Paxel Zaldy Ilham Masita mengatakan, layanan pengiriman sameday delivery di Paxel mengalami peningkatan sejak diberlakukannya PPKM darurat. "Terus meningkat sampai lebih dari 30% dibandingkan sebelum PPKM," katanya kepada Katadata.co.id, Jumat (9/7).

Begitu juga dengan J&T. CEO J&T Express Robin Lo mengatakan bahwa perusahaan mencatatkan peningkatan pengiriman selama masa PPKM darurat. Peningkatan terjadi karena pembatasan mobilitas khususnya di kota besar.

Selain itu, PPKM darurat membuat transaksi e-commerce meningkat. Alhasil, itu berpengaruh pada pengiriman barang yang menggunakan jasa pengiriman logistik seperti J&T. Di mana, sekitar 70% pengiriman di J&T berasal dari e-commerce.

"E-commerce menjadi sektor utama peningkatan pengiriman," ujar Robin.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan