Makin Ketat, Shopee Susul Bukalapak – Tokopedia Bidik Kota Tier 2 - 3

shopee
Ilustrasi platform Shopee
16/11/2021, 16.51 WIB

Shopee berencana menyasar pasar di luar kota besar. Bukalapak dan Tokopedia juga menyasar kota tingkat (tier) dua dan tiga.

Kota tier dua atau rising urbanites seperti Makassar, Denpasar, dan Semarang. Sedangkan tier tiga atau slow adapters misalnya, Magelang, Prabumulih, dan Bangli.

Direktur Shopee Indonesia Christin Djuarto mengatakan, Shopee akan melakukan dua pendekatan dalam menyasar pasar kota tier dua dan tiga. Pertama, menggaet lebih banyak pembeli baru di luar kota besar. 

"Kami mengembangkan layanan agar pengguna di luar kota besar yang belum yakin belanja online bisa mulai menggunakannya," kata Christin dalam konferensi pers virtual pada Selasa (16/11).

Salah satu layanan yang banyak digunakan oleh pengguna di luar kota besar yakni bayar di tempat alias cash on delivery (COD). Ke depan, perusahaan akan mengembangkan lebih banyak layanan seperti COD.

"Ini untuk menjawab kebutuhan pembeli di luar kota besar," kata Christin.

Pendekatan kedua dari sisi penjual. "Jumlah UMKM yang ada di Shopee antara kota besar dan kota kecil diseimbangkan," katanya.

Sebab, menurutnya masih banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kota tier dua dan tiga yang mempunyai kualitas produk baik, namun belum terjangkau digitalisasi. 

Bukalapak lebih dulu berfokus menyasar pasar kota tier dua dan tiga. "Segmen ini sangat potensial," kata CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin dalam acara Wild Digital Conference, Rabu (10/11).

Kota yang menjadi incaran perusahaan seperti Yogyakarta, Manado, Solo, Palembang, dan Pekanbaru. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan