Penjual di Shopee Tak Tahu Nama dan Nomor HP Pembeli Mulai Bulan Ini

shopee
Ilustrasi platform Shopee
Penulis: Lenny Septiani
9/8/2022, 14.42 WIB

Shopee membatasi akses penjual atas informasi pribadi pembeli selama proses pemesanan. Ini bertujuan meningkatkan keamanan untuk menjaga privasi dan mempertahankan kepercayaan pengguna.

Pembatasan informasi pribadi pembeli itu berlaku mulai bulan ini.

Informasi pembeli berupa nama dan nomor ponsel akan disamarkan dalam seluruh tahap proses pemesanan. Hal ini berlaku di Seller Centre, aplikasi Shopee, dan aplikasi lainnya yang digunakan untuk mengelola toko.

Sedangkan alamat pembeli bisa diketahui oleh penjual setelah konsumen membayar produk.

“Untuk berkomunikasi dengan pembeli, penjual dapat berkomunikasi melalui fitur Chat di Shopee,” demikian dikutip dari laman resmi Shopee, Selasa (9/8).

E-commerce itu menganjurkan semua percakapan dan transaksi dilakukan di dalam platform. Ini bertujuan menjaga keamanan seluruh pengguna.

Fitur Chat di Shopee dapat menyimpan catatan obrolan dan riwayat transaksi yang akan berguna jika terdapat pengajuan banding, permintaan pengembalian barang/dana, atau masalah lainnya.

Penjual dapat mengajukan permintaan informasi pembeli, dengan syarat memiliki alasan yang valid dan untuk tujuan operasional. Contohnya, untuk keperluan faktur, garansi, program loyalitas.

Pedagang online bisa mengakses informasi pembeli dengan mengisi formulir. Caranya sebagai berikut:

  • Saat mengisi formulir, penjual harus log in di akun yang membutuhkan informasi Pembel
  • Tim Shopee akan menarik data formulir pengajuan setiap Senin dan Kamis Pukul 23.59 WIB untuk dicek terlebih dahulu
  • Hasil pengecekan akan tersedia dalam satu sampai tiga hari kerja setelah pengisian formulir
  • Jika permintaan disetujui, penjual dapat melihat informasi Pembeli di halaman Rincian Pesanan dan Laporan Saya
Reporter: Lenny Septiani