Survei: Shopee Lampaui TikTok di Bisnis Live Streaming

shopee
Ilustrasi platform Shopee
Penulis: Lenny Septiani
17/1/2023, 16.08 WIB

Shopee menjadi platform e-commerce yang paling dipilih untuk siaran langsung (live streaming) di Asia Tenggara. Perusahaan berbasis di Singapura ini mengalahkan TikTok dan Instagram.

Itu berdasarkan survei perusahaan e-logistik Ninja Van terhadap lebih dari 1.186 pedagang di Asia Tenggara pada November 2022. Survei bertujuan memahami fenomena berbelanja menggunakan live streaming.

“Hasilnya, sekitar 27% responden menggunakan Shopee,” demikian dikutip dari Tech In Asia, Senin (16/1). Rinciannya sebagai berikut:

  1. Shopee 27%
  2. Facebook 25,5%
  3. TikTok 22,5%
  4. Lazada 15%
  5. Instagram 7%
  6. YouTube 3%

Satu dari tiga responden merupakan livesellers atau penjual menggunakan fitur siaran langsung. Mereka menghabiskan hingga enam jam setiap minggu untuk melakukan sesi penjualan.

Bagi pedagang di e-commerce, taktik pemasaran itu dapat mempercepat penjualan. Rata-rata penjual menggunakan dua platform untuk berjualan secara live streaming.

Namun survei tersebut tidak memerinci nilai transaksi dari berjualan secara live streaming di masing-masing platform.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani