Tokopedia Bagikan Tips Promosi Saat Ramadan

Tokopedia
Tokopedia
Penulis: Lenny Septiani
23/2/2023, 18.15 WIB

Ramadan tersisa sebulan lagi. Tokopedia pun membagikan tips promosi kepada UMKM supaya bisa mendongkrak penjualan selama bulan puasa.

Laporan The Trade Desk menunjukkan 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana berbelanja saat Ramadan. Sekitar 80% konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital.

Vice President of Marketing Solutions Tokopedia Edwin Chayadi membagikan tips paling dasar bagi UMKM yaitu 3P atau product, price, dan promotion. Rinciannya sebagai berikut:

  • Produk yang dijual memberikan deskripsi yanh lengkap
  • Produk image atau foto yang profesional bukan asal potret
  • Harga bersaing

Edwin mengatakan, masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan pada Ramadan 2022. “Ada kenaikan jumlah pesanan 44,4% ketika Tap Tap Kotak tayang, dan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play naik 60,5%,” ujarnya dalam acara media briefing, Kamis (23/2).

"Pelaku bisnis bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions," ujar Edwin. Sarana promosi yang bisa digunakan yakni:

  • Banner di lokasi premium (‘Homepage Banner’)
  • Banner di lokasi strategis lainnya (‘Dynamic Channel’)
  • Permainan interaktif berhadiah (‘Tap Tap Kotak’)
  • Kanal video streaming (‘Tokopedia Play’)
  • Fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian (‘TopAds’)
  • Menggunakan banner yang tampil di seluruh touchpoint konsumen (‘Tokopedia Display Network’)
  • Menampilkan produk sebagai pencarian populer (‘Popular Search’)
  • Beriklan di halaman notifikasi dan pesan (termasuk ‘Broadcast Chat’)
  • Memaksimalkan iklan media sosial menggunakan fitur penargetan yang lebih kaya dari Tokopedia (‘Marketing Services’)

Tokopedia pun menyediakan kampanye selama Ramadan, seperti:

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani