Perbandingan Biaya Admin Penjual Shopee, TikTok Shop Tokopedia, Lazada September

Momentum Works
Logo Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, TikTok
Penulis: Desy Setyowati
4/9/2024, 13.06 WIB

Shopee, TikTok Shop Tokopedia, dan Lazada menaikkan biaya admin penjual atau merchant per September. Siapa yang paling mahal?

Biaya Admin Penjual Lazada

Katadata.co.id membandingkan biaya admin penjual Lazada sebelum dan sesudah 1 September sebaga berikut:

Kategori produkBiaya transaksi (tetap)KomisiTotalFree Shipping Max (tetap)Bonus
18 Desember 20231 September 202418 Desember 20231 September 2024
A1,82%4,18%6,18%6%8%4%2,22%
B3,18%5,68%5%7,5%
C1,68%3,93%3,5%5,75%
D 2,43% 4,25%

Sumber: Lazada, data diolah Katadata.co.id

Pada bagian bonus, Lazada mengubah program dari Bonus Dadakan pada 18 Desember 2023 menjadi Voucer Kampanye ke 1 September 2024.

Sementara itu, biaya admin untuk penjual Lazada di LazMal tetap. Rinciannya sebagai berikut:

Kategori produkBiaya transaksiKomisiTotalFree Shipping MaxBonus Dadakan
A1,82%8,5%10,32%3%2,22%
B6%7,82%
C4%5,82%
D2,5%4,32%

Keterangan terkait kategori produk A, B, C, dan D dapat dilihat pada laman resmi Lazada.

Biaya Admin Penjual Shopee

Daftar biaya admin penjual Shopee kategori star dan star+ per 1 September sebagai berikut:

Daftar biaya admin penjual star dan star+ di Shopee per 1 September (Shopee)

Sementara itu, biaya admin penjual non-star dengan penjualan minimal 50 di Shopee per 1 September sebagai berikut:

Daftar biaya admin penjual non-star dengan penjualan minimal 50 di Shopee per 1 September (Shopee)

“Per 1 September, Shopee akan menerapkan kebijakan baru untuk Kategori Produk dan Biaya Administrasi Penjual Non-Star, Star/Star+,” demikian dikutip dari laman resmi Shopee.

Keterangan mengenai kategori produk dapat dilihat pada laman resmi Shopee.

Biaya Admin Penjual TikTok Shop Tokopedia

Kenaikan biaya admin Tokopedia berlaku untuk toko kategori Power Merchant dan Power Merchant Pro. “Untuk penjual Regular Merchant yang berubah status keanggotaan menjadi Power Merchant dan telah memiliki lebih dari 50 Order pada tanggal 1 Mei akan dikenakan biaya layanan Power Merchant,” kata Tokopedia dalam laman resmi, Rabu (16/8).

Biaya admin penjual atau biaya layanan adalah biaya yang dikenakan pada setiap pesanan yang diselesaikan, berdasarkan pesentase yang berbeda untuk setiap sub-kategori produk terjual.

Rincian kenaikan biaya admin penjual di Tokopedia per 16 September sebagai berikut:

 Kategori ProdukSebelumnyaPer 16 September
Elektronik1% - 6,5%1% - 10%
Fashion4% - 6,5%4,25% - 10%
FMCG4% - 6,5%4,25% - 10%
Gaya Hidup4% - 6,5%2,5% - 10%
Lainnya1% - 6,5%1% - 10%

“Semua sub-kategori produk dengan persentase biaya layanan 10% akan menikmati diskon 20%, sehingga persentase biaya layanan yang berlaku 8%,” kata Tokopedia.

Akan tetapi, Tokopedia tidak memerinci periode diskon tersebut.

Keterangan mengenai kategori produk dapat dilihat pada laman resmi TikTok Shop Tokopedia.