Shopee, TikTok Shop Tokopedia, dan Lazada menaikkan biaya admin penjual atau merchant per September. Siapa yang paling mahal?
Biaya Admin Penjual Lazada
Katadata.co.id membandingkan biaya admin penjual Lazada sebelum dan sesudah 1 September sebaga berikut:
Kategori produk | Biaya transaksi (tetap) | Komisi | Total | Free Shipping Max (tetap) | Bonus | ||
18 Desember 2023 | 1 September 2024 | 18 Desember 2023 | 1 September 2024 | ||||
A | 1,82% | 4,18% | 6,18% | 6% | 8% | 4% | 2,22% |
B | 3,18% | 5,68% | 5% | 7,5% | |||
C | 1,68% | 3,93% | 3,5% | 5,75% | |||
D | 2,43% | 4,25% |
Sumber: Lazada, data diolah Katadata.co.id
Pada bagian bonus, Lazada mengubah program dari Bonus Dadakan pada 18 Desember 2023 menjadi Voucer Kampanye ke 1 September 2024.
Sementara itu, biaya admin untuk penjual Lazada di LazMal tetap. Rinciannya sebagai berikut:
Kategori produk | Biaya transaksi | Komisi | Total | Free Shipping Max | Bonus Dadakan |
A | 1,82% | 8,5% | 10,32% | 3% | 2,22% |
B | 6% | 7,82% | |||
C | 4% | 5,82% | |||
D | 2,5% | 4,32% |
Keterangan terkait kategori produk A, B, C, dan D dapat dilihat pada laman resmi Lazada.
Biaya Admin Penjual Shopee
Daftar biaya admin penjual Shopee kategori star dan star+ per 1 September sebagai berikut:
Sementara itu, biaya admin penjual non-star dengan penjualan minimal 50 di Shopee per 1 September sebagai berikut:
“Per 1 September, Shopee akan menerapkan kebijakan baru untuk Kategori Produk dan Biaya Administrasi Penjual Non-Star, Star/Star+,” demikian dikutip dari laman resmi Shopee.
Keterangan mengenai kategori produk dapat dilihat pada laman resmi Shopee.
Biaya Admin Penjual TikTok Shop Tokopedia
Kenaikan biaya admin Tokopedia berlaku untuk toko kategori Power Merchant dan Power Merchant Pro. “Untuk penjual Regular Merchant yang berubah status keanggotaan menjadi Power Merchant dan telah memiliki lebih dari 50 Order pada tanggal 1 Mei akan dikenakan biaya layanan Power Merchant,” kata Tokopedia dalam laman resmi, Rabu (16/8).
Biaya admin penjual atau biaya layanan adalah biaya yang dikenakan pada setiap pesanan yang diselesaikan, berdasarkan pesentase yang berbeda untuk setiap sub-kategori produk terjual.
Rincian kenaikan biaya admin penjual di Tokopedia per 16 September sebagai berikut:
Kategori Produk | Sebelumnya | Per 16 September |
Elektronik | 1% - 6,5% | 1% - 10% |
Fashion | 4% - 6,5% | 4,25% - 10% |
FMCG | 4% - 6,5% | 4,25% - 10% |
Gaya Hidup | 4% - 6,5% | 2,5% - 10% |
Lainnya | 1% - 6,5% | 1% - 10% |
“Semua sub-kategori produk dengan persentase biaya layanan 10% akan menikmati diskon 20%, sehingga persentase biaya layanan yang berlaku 8%,” kata Tokopedia.
Akan tetapi, Tokopedia tidak memerinci periode diskon tersebut.
Keterangan mengenai kategori produk dapat dilihat pada laman resmi TikTok Shop Tokopedia.