Aplikasi e-commerce asal Cina Temu bisa diunduh di App Store dan Google Play Store. Apakah pengguna di Indonesia bisa menggunakan platform ini untuk berbelanja langsung dari Tiongkok?

Menteri Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan akan memblokir platform e-commerce asal Cina Temu, karena dianggap mengancam UMKM lokal.

“Akan kami proses (kehadiran aplikasi Temu di App store dan Play Store). Kami blokir,” kata Budi di kantor Kominfo, Jakarta, Kamis (3/10).

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, aplikasi Temu dapat diunduh di App Store iPhone, meskipun hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Platform ini juga bisa diakses di Google Play Store, dan tersedia dalam bahasa Indonesia.

Katadata.co.id mencoba untuk mengunduh aplikasi Temu di perangkat berbasis iOS yakni iPhone. Begitu aplikasi terpasang dan dibuka, pengguna diarahkan ke layanan cakupan Inggris.

Aplikasi Temu yang diunduh di Google Play Store melalui perangkat Android juga mengarahkan pengguna ke layanan cakupan Inggris. Hal ini lantaran Temu belum menyediakan layanan di Indonesia.

Pengguna diminta untuk mendaftar ke aplikasi Temu, baik melalui akun Google, Facebook, email, ataupun nomor telepon. Setelah berhasil masuk, pengguna akan langsung diarahkan ke laman profil. 

Setelah melengkapi profil, pengguna bisa mengeklik laman utama ‘Home’ untuk melihat produk yang dijual. Tampilan aplikasi Temu mirip seperti aplikasi e-commerce lain di Indonesia. 

Terdapat empat menu pada bagian bawah laman utama, di antaranya:

  • Home

Pengguna bisa melihat gambar produk dengan diskon 90%. Dalam laman ini, pengguna bisa memilih sejumlah opsi di antaranya:

  1. All: menampilkan semua barang yang relevan
  2. Deals: menampilkan promosi
  3. 5-Star Rated: barang dari toko bintang lima
  4. Local Warehouse: barang dari gudang lokal negara asal,
  5. Bestseller: produk terlaris
  6. Super Cosy Savings: produk dengan diskon terbaik
  7. New arrivals: produk terbaru

Harga produk yang dijual bervariatif, namun menggunakan mata uang poundsterling.

  • Categories

Pengguna bisa menggunakan fitur ‘search’ untuk mencari barang secara spesifik, dan ‘categories’ untuk melihat barang berdasarkan kategori seperti Office and School Supplies, Beauty and Health, Women’s Clothing, Men’s Clothing, Toy and Games hingga Automotive. 

  • You - Profil Pengguna

Pengguna bisa memasukkan alamat, lokasi, mengklaim kupon, melihat riwayat pemesanan dan memasukan ulasan. Lama ini memuat beberapa menu, seperti ‘Messages’ atau pesan, ‘Coupon & Offers’ untuk mendapatkan diskon, serta ‘Credit Balance’ yang menampilkan saldo. 

  • Cart 

Menu untuk melihat semua barang yang dimasukkan ke dalam daftar produk yang ingin dibeli. Pengguna di Indonesia hanya bisa memasukkan barang ke keranjang, tetapi belum bisa bertransaksi di aplikasi Temu. 

Aplikasi Temu mewajibkan pengguna memasukan detail alamat dan nomor telepon untuk bertransaksi. Pengguna di Indonesia tidak bisa memasukkan detail alamat dan nomor secara lengkap. 

Aplikasi Temu juga tidak menyediakan opsi Indonesia pada kolom “Country/Region” yang tertera dalam formulir alamat. Begitu juga dengan kode negara +62 untuk memasukan nomor telepon.

Reporter: Kamila Meilina