Riset Lazada dan Kantar menunjukkan 88% pelanggan di Asia Tenggara membuat keputusan pembelian berdasarkan rekomendasi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI).
“AI telah menjadi bagian terpadukan dari lanskap e-commerce. AI memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan pengalaman pelanggan yang lebih personal dalam skala besar,” kata Chief Technology Officer atau CTO Lazada Group Howard Wang dalam siaran pers, Jumat (1/11).
Laporan Lazada dan Kantar bertajuk ‘Adopsi Penggunaan Artificial Intelligence di Asia Tenggara’ menunjukkan 92% mengandalkan AI untuk mendapatkan rekomendasi produk dan 90% untuk ringkasan produk yang sesuai dengan preferensi.
Sebanyak 63% responden di Asia Tenggara juga percaya bahwa AI telah diadopsi secara luas dalam belanja online.
Fitur AI yang dikenal oleh konsumen yakni chatbot (63%), terjemahan otomatis (53%), dan pencarian produk visual (52%). Namun penggunaannya kurang dari 50%, yaitu chatbot 47%, pencarian visual 40%, dan terjemahan otomatis 40%.
Merujuk pada data tersebut, Lazada menyediakan empat fitur utama berbasis AI yakni
- Pesan+: Messaging tool atau alat perpesanan yang dipersonalisasi di aplikasi, dapat memberikan respons sesuai dengan konteks, rekomendasi belanja yang lebih personal, akses ke voucher dan kode promo yang tersembunyi, serta paket belanja spesial sebagai penawaran terbaik.
- Model Try-On: Pengalaman belanja yang memungkinkan pengguna memilih model virtual untuk mencari ukuran dan bentuk pakaian yang tepat. Fitur ini juga dapat merekomendasikan ukuran pakaian berdasarkan model AI. Fitur yang baru ditambahkan ini akan secara signifikan mengurangi biaya pemasaran dan operasional bagi penjual, serta meningkatkan efisiensi penjualan.
- Deskripsi Produk Berbasis AI: Deskripsi produk yang menarik di halaman informasi produk, dirancang, dan dihasilkan sepenuhnya oleh AI secara langsung untuk menyoroti keunggulan utama produk yang sesuai dengan preferensi pengguna.
- Ulasan Cerdas Berbasis AI: Fitur yang dapat merangkum ulasan-ulasan produk secara cerdas dan menawarkan pelanggan informasi ringkas dari pembeli lainnya untuk membuat keputusan belanja lebih tepat dan cepat.