OPPO Kuasai Pasar Indonesia, Kalahkan Samsung, Xiaomi, dan Apple

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nym.
Pengunjung mencoba keunggulan kamera OPPO Find X5 Pro 5G saat hari pertama penjualan di OPPO eXperience Store BEC, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/6/2022). Ponsel pintar spesifikasi "High End" ini dibekali dengan kapasitas baterai dual-cell 5000mAh, kamera dengan sistem pencitraan canggih OPPO MariSilicon X, dua sensor IMX766 50MP dari Sony dengan ukuran sensor 1/1,56Ó, layar 120Hz yang menghadirkan miliaran warna yang realistis serta Hasselblad "Natural Colour Calibration" yang ikonik.
Penulis: Lenny Septiani
21/11/2022, 14.10 WIB

OPPO menjadi penguasa pasar ponsel pintar (smartphone) di Indonesia pada kuartal III. Produsen gadget asal Cina ini mengalahkan Samsung, Apple hingga Xiaomi.

Pengiriman gawai OPPO di Indonesia turun 5,7% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 1,9 juta pada kuartal III. Meski begitu, OPPO tetap menguasai pasar Tanah Air dengan pangsa 22,9%.

“OPPO mempertahankan posisi pertamanya di kuartal III,” demikian isi laporan IDC, akhir pekan lalu (18/11).

OPPO meluncurkan model A57 dan A16 yang mendukung segmen ponsel murah alias low-end. Perusahaan juga meluncurkan Reno8 di segmen handphone atau HP harga menengah (mid-range).

Penawaran Reno8 5G juga berhasil mendorong pangsa OPPO di segmen 5G Indonesia dari 6,5% pada kuartal III 2021 menjadi 19,1%.

Posisi kedua ditempati oleh Samsung, dengan pangsa pasar 21,6%. Pengiriman ponsel asal Korea Selatan ini di Indonesia meningkat 14,6% yoy menjadi 1,8 juta.

Samsung meluncurkan Galaxy Z Fold4 dan Galaxy Z Flip4, yang menggenjot portofolio ponsel lipat atau foldable hampir tiga kali lipat.

Perusahaan itu juga meningkatkan pangsa segmen ponsel murah mereka dari 50,6% pada kuartal III 2021 menjadi 64,6%. Lini Galaxy A13 dan A03 menjadi faktor pendorong utama.

Selain itu, Samsung menggenjot pengiriman HP 5G mereka menjadi 24,4% dari total volume pengiriman. Pada kuartal III tahun lalu hanya 8,7%.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani