TikTok mengumumkan fitur terbarunya, Symphony Assistant AI (artificial intelligence), yang dirancang untuk membantu kreator konten. Asisten berbasis kecerdasan buatan itu bisa membantu kreator dalam mencari ide, melakukan riset, menyusun skrip, dan menjawab pertanyaan selama proses pembuatan konten.

Fitur ini bisa diakses secara gratis mulai Rabu (3/10) dan pengguna dapat menggunakan perintah atau prompt tanpa batas. Pengguna bisa mengaksesnya melalui laman TikTok Creative Center.

TikTok Creative Center adalah platform gratis yang ditujukan untuk para pemasar dan kreator konten. Di sini, pengguna dapat menemukan inspirasi konten, mendapatkan wawasan tentang tren terbaru, dan mengakses berbagai alat kreatif untuk video dan iklan di TikTok.

Dikutip dari laman resmi TikTok, berikut merupakan fitur-fitur dalam Symphony Assistant:

  • Symphony Assistant: Asisten virtual berbasis AI ini membantu dalam berbagai tugas kreatif, termasuk penelitian tren, brainstorming ide, dan penulisan skrip. Asisten ini dapat berkomunikasi dalam berbagai bahasa
  • Symphony Creative Studio: menghasilkan konten video yang kompatibel dengan TikTok dengan cepat dari aset yang dimasukkan, seperti detail produk atau URL.
  • Digital Avatars: Symphony menawarkan Avatar Stock dan Custom untuk membuat konten lebih menarik. Avatar Stock sudah dibuat sebelumnya menggunakan rekaman video aktor, sedangkan Avatar Custom dapat disesuaikan untuk mewakili kreator atau merek.

Ads Manager Integration: Fitur Symphony terintegrasi dengan Pengelola Iklan TikTok untuk mengotomatiskan proses seperti pembuatan konten, optimasi, dan pemeriksaan kepatuhan, sehingga membuat pembuatan iklan lebih efisien.

Cara mengakses TikTok Symphony Assistant di TikTok Creative Center: 

  1.  Masuk ke Pusat Kreatif
  2. Klik ikon Asisten Simfoni TikTok di sudut kanan atas halaman
  3. Tanyakan pertanyaan Anda yang berhubungan dengan hal kreatif kepada Symphony Assistant
  4. Klik ikon pesawat kertas untuk mengirim. Tunggu Symphony Assistant untuk merespons
  5. Klik ikon tempat sampah untuk menghapus riwayat obrolan Anda
Reporter: Kamila Meilina