Tutup GoFood Festival, Gojek Target Buat 100 Dapur Bersama

Go-Jek
Ilustrasi GoFood Festival
Penulis: Desy Setyowati
9/7/2020, 13.31 WIB

Gojek menyetop layanan pujasera GoFood Festival akibat pandemi corona. Kini, decacorn Tanah Air itu menargetkan bisa membuat 100 Dapur Bersama atau cloud kitchen hingga akhir tahun ini, guna memfasilitasi mitra penjual GoFood.

Layanan cloud kitchen sudah dikembangkan Gojek sejak akhir tahun lalu. Bedanya dengan GoFood Festival, konsumen tidak bisa membeli dan menikmati makanan maupun minuman di Dapur Bersama. Produk hanya bisa dipesan secara online.

Perusahaan penyedia layanan on-demand itu telah menyediakan 27 Dapur Bersama saat ini. “Kalau semua lancar, semestinya akhir tahun bisa 100 lokasi,” kata co-CEO Gojek Andre Soelistyo saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (9/7).

(Baca: Fokus pada 3 Bisnis Inti, Gojek Akan Setop GoLife dan GoFood Festival)

Dapur Bersama itu sudah hadir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Medan dan Bandung. Gojek ingin memperluas cakupan cloud kitchen ini ke daerah lain secara bertahap.

Andre berharap, Dapur Bersama membantu mitra penjual GoFood untuk memperluas pasar meskipun GoFood Festival ditutup. “Ini bisa meningkatkan volume (penjualan) atau kesempatan untuk mendapatkan demand, yang kalau offline itu susah,” ujar dia.

Dibandingkan GoFood Festival, penyediaan Dapur Bersama lebih murah bagi Gojek. Sebab, layanan ini tak harus hadir di lokasi yang ramai dengan biaya sewa yang mahal.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati