Andre Soelistyo Bakal Pimpin Perusahaan Hasil Merger Gojek-Tokopedia?

Gojek
Bos baru Gojek Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo.
Editor: Pingit Aria
19/4/2021, 20.13 WIB

Decacorn Gojek dan unicorn Tokopedia dikabarkan segera merger dan membentuk perusahaan bernama GoTo. Co-CEO Gojek saat ini Andre Soelistyo kini disebut akan memimpin perusahaan tersebut.

Menurut sumber Bloomberg, Gojek akan memiliki 58% saham pada GoTo, sedangkan Tokopedia memiliki sisanya. Nantinya, GoTo akan memiliki tiga unit bisnis yakni berbagi tumpangan (ride-hailing) di bawah naungan Gojek, kemudian e-commerce Tokopedia, dan layanan finansial, Dompet Karya Anak Bangsa alias DKAB.

Masing-masing struktur perusahaan akan dikoordinasikan oleh induk usaha. "Andre Soelistyo akan memipin raksasa teknologi Indonesia yang akan tercipta ketika Gojek dan Tokopedia bergabung," kata sumber anonim Bloomberg tersebut, Senin (19/4).

Sumber itu juga menyebut bahwa Presiden Tokopedia saat ini, Patrick Cao akan mempertahankan posisi sebagai Presiden di entitas baru itu.

Kemudian, CEO Tokopedia William Tanuwijaya akan terus memimpin lini bisnis e-commerce GoTo. Sedangkan, Co-CEO Gojek Kevin Aluwi akan memimpin lini bisnis ride-hailing GoTo.  Sedangkan, lini bisnis finansial DKAB akan ditangani langsung oleh Andre sebagai CEO GoTo.

Simak Databoks berikut: 

Sebelumnya, sumber The Information mengatakan, kesepakatan antara kedua perusahaan ditargetkan rampung pada bulan ini. “Manajemen puncak GoTo akan dipenuhi oleh para pemimpin senior dari kedua perusahaan, termasuk Co-CEO Gojek Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi, serta CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan Presiden Patrick Cao,” demikian dikutip dari Kr Asia, pekan lalu (14/4).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan