Startup logistik rantai dingin alias cold chain Fresh Factory bekerja sama dengan PT Nusantara Card Semesta atau NCS. Keduanya pun berencana membangun 153 fulfillment centre.
Ratusan gudang rantai dingin itu akan dibangun di beberapa titik untuk menyasar pasar di 103 kota. Startup Fresh Factory juga bakal menggaet 2.000 kurir.
Perusahaan mengklaim menjadi penyedia layanan distribusi cold chain fulfillment centres terluas di Indonesia, karena memiliki 153 gudang sebagai titik penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman produk.
Sebelumnya startup Fresh Factory memiliki 42 gudang dan NCS 111 gudang.
Pendiri sekaligus CEO Fresh Factory Larry Ridwan mengatakan kerja sama dengan NCS memperkuat ekspansi perusahaan di kota besar dan menengah.
“Kerja sama ini menjadikan Fresh Factory dan NCS sebagai penyedia cold chain fulfillment centres dengan cabang yang paling banyak untuk menjangkau pelanggan,” ujar Larry dalam acara press conference Peluncuran Kerja Sama antara startup Fresh Factory dan NCS di Jakarta, Rabu (12/7).
“NCS juga memiliki jaringan di kota besar dan kota menengah di mana Fresh Factory ingin melebarkan ekspansi ke kota-kota itu,” Larry menambahkan.
NCS yang berdiri pada 1994, menyediakan jasa pengiriman paket, barang, dokumen dan memiliki fasilitas gudang penyimpanan terintegrasi.
Kedua perusahaan akan bekerja sama mengembangkan layanan distribusi cold chain fulfillment centres, yakni sistem distribusi logistik suhu rendah dengan solusi lengkap bagi mitra mulai dari manajemen penyimpanan, pengemasan untuk dikirim ke pelanggan hingga menyiapkan pengiriman yang akan dilakukan oleh kurir.
“Sinergi Fresh Factory dan NCS bertujuan memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan kedua perusahaan, serta turut berperan dalam meningkatkan daya saing logistik nasional,” kata Larry.
Larry menyatakan Fresh Factory mengalami pertumbuhan pendapatan signifikan 30% secara bulanan atau month to month (mtm). Menurutnya, pertumbuhan ini karena adanya kebutuhan.
Ia berharap pertumbuhan pendapatan stabil dengan adanya kemitraan itu. “Kami coba maintain pertumbuhan 30% mtm, tapi saya lihat ada potensi yang lebih dari itu.” ujar dia. Sebab, menurutnya operasional bisnis cold chain sulit.
Direktur Utama NCS Reni Sitawati Siregar menambahkan, kerja sama itu menjangkau pelanggan di berbagai kota. “Ini akan berdampak positif pada tingkat pelayanan, mendukung optimalisasi, dan efisiensi sektor logistik nasional,” kata dia.
“NCS dan Fresh Factory berkomitmen untuk berkolaborasi memberikan pelayanan terbaik di sektor logistik,” Reni menambahkan.