Kesenjangan Digital Jadi Fokus Pembahasan Kelompok Kerja DEWG G20

ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp.
Sejumlah siswa mengikuti proses belajar mengajar dalam jaringan (daring) di bekas posko COVID-19 di tepi jalan untuk mendapatkan sinyal jaringan internet, di Desa Madang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Selasa (4/8/2020).
Penulis: Maesaroh
11/2/2022, 22.12 WIB

Kesenjangan digital menjadi fokus pembahasan Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economic Working Group (DEWG), dalam presidensi G20 Indonesia 2022. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Sekjen Kominfo) dan juga Chair Digital Econimic Working Group (DEWG), Mira Tayyiba, menjelaskan kesenjangan digital global akan terus melebar dihantam gelombang disrupsi teknologi.

Karena itulah, kesenjangan digital perlu segera dicarikan solusinya.

“Kesenjangan itu, yang akan kita address karena bila pemerintah, melalui Kominfo dan melalui Digital Economic Working Group secara global tidak meng-address isu itu, maka kesenjangan akan semakin lebar,” tutur Mira, dalam Webinar Sofatalk: Konektifitas Digital dan Pemulihan Pascapandemi Covid-19, Jumat (11/2).

Mira menjelaskan, kesenjangan digital itu tidak hanya terkait dengan keadaan infrastruktur, melainkan juga layanan digital yang inklusif untuk kelompok rentan misalnya anak-anak.

Anak-anak, terutama usia sekolah, sudah harus bersinggungan dengan teknologi digital untuk menunjang pelaksanaan kegiatan belajar mereka pada saat pandemi.

“Mereka (anak-anak) sudah memiliki atau sudah ditugaskan sekolahnya untuk melakukan pencarian atau browsing, tetapi ternyata konten yang tersedia tidak seluruhnya aman,” katanya.

Seorang mahasiswa mengerjakan ujian secara daring di pinggir jalan kawasan pegunungan Menoreh, Magelang, Jawa Tengah (ANTARA FOTO/Anis Efizudin/wsj.)



Isu keamanan ruang digital (online safety) dinilai masih terkait penggunaan teknologi digital oleh kalangan rentan yang dinilai masih harus ditingkatkan seiring bertambahnya anak-anak pengguna gawai ponsel pintar.

Halaman:

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 November 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.