Teknologi Chatbot Digandrungi, Pengguna Startup Kata.ai Tumbuh 170%

Katadata
Ilustrasi chatbot kata.ai
Editor: Yuliawati
31/5/2022, 17.11 WIB

Startup teknologi, Kata.ai, mencatatkan pertumbuhan pengguna hingga 170% pada awal 2022 secara tahunan (year on year/yoy). Pendorongnya, layanan percakapan berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) alias chatbot digandrungi oleh sejumlah industri, mulai dari jasa keuangan hingga pemerintahan.

CEO & Co-Founder Kata.ai Irzan Raditya mengatakan, pada awal 2022 Kata.ai mencatatkan pertumbuhan bisnis 80%. Kemudian, terjadi peningkatan dua kali lipat pertumbuhan percakapan pada semua lini chatbot yang diproduksi terhadap lebih dari 150 bisnis yang dibantu oleh Kata.ai.

Peningkatan tersebut terdorong oleh kondisi pandemi Covid-19 yang menjadikan teknologi chatbot sebagai alternatif solusi bisnis. "Serapan industri Indonesia terhadap chatbot terlihat semakin terakselerasi," kata Irzan dalam konferensi pers virtual pada Selasa (31/5).

Chatbot menurutnya mampu beroperasi selama 24 jam 7 hari. Teknologi ini juga mampu melayani konsumen 100% secara real-time.

Chatbot banyak digandrungi sejumlah industri di Indonesia mulai dari jasa keuangan, ritel, e-commerce, hingga pemerintahan. Sebanyak 71% pengguna memanfaatkan chatbot untuk customer service, kemudian 12% untuk asisten virtual.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan