Meta mengumumkan adanya fitur baru di dua media sosial mereka yakni Facebook dan Instagram. Perubahan dilakukan untuk membantu para pembuat konten untuk menjangkau audiens yang lebih luas, membangun komunitas, dan mengubah hobi menjadi sumber penghasilan.
Hal tersebut diumumkan Meta pada Creator Week 2022 di Bali, Selasa (1/10). Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta di Indonesia dan Asia Tenggara Revie Sylviana mengatakan perusahaan terus membantu para kreator untuk lebih mudah mengekspresikan berbagai ide kreatif lewat berbagai fitur terbaru.
"Ini merupakan bentuk komitmen Meta dalam mendukung perjalanan para kreator dalam membangun eksistensi dan kesuksesannya di ranah digital,” kata Revie.
Adapun beberapa perubahan fitur Instagram dan Facebook adalah:
Pembaruan pada Instagram Reels
Saat ini, kreator bisa membagikan video ke Instagram Reels langsung dari aplikasi favorit mereka, seperti Videoleap, Smule, VivaVideo dan lainnya. Aplikasi-aplikasi ini juga dapat membantu pengguna untuk langsung membagikan videonya ke Facebook.
Tujuan perusahaan adalah memudahkan kreator dalam mengekspresikan diri melalui video di Instagram tanpa mengubah cara bekerja.
Pembaruan pada Facebook Reels
Ada beberapa fitur baru di Facebook Reels untuk membantu kreator dilihat oleh lebih banyak audiens dan berinteraksi dengan para fans, seperti:
-Facebook Reels Collabs sehingga kreator dapat berkolaborasi dengan kreator lain dan menciptakan konten Reels bersama sambil memperluas jangkauan dan memperbesar jumlah pengikut.
-Facebook Reels Explore yang merupakan destinasi baru yang menampilkan konten-konten trending. Memberikan kreator inspirasi mengenai hal yang sedang populer dan sebuah cara baru untuk menarik audiens baru.
- Facebook Reactions di Reels sebagai cara baru untuk berinteraksi dengan konten.
Meta juga merilis beragam fitur desktop untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi kreator dalam mengoptimalkan konten mereka di Creator Studio dan Meta Business Suite. Misalnya menambahkan musik dan menggabungkan sejumlah potongan video.
Selain itu terdapat fitur baru untuk meningkatkan audio, seperti penghilang suara-suara yang tidak diinginkan serta dapat membuat Reels menjadi lebih menarik. Kreator juga dapat mengunggah Reels langsung dari laman Facebook.
Meta mengumumkan bahwa ada lebih dari 140 miliar konten Reels yang diputar setiap hari di Facebook dan Instagram hingga kuartal III tahun ini.
Perusahaan juga mengatakan bahwa Reels memiliki tingkat pendapatan tahunan sebesar US$ 3 miliar atau setara Rp 46,8 triliun dari kedua aplikasi.
Revie juga menjelaskan, acara Creator Week 2022 adalah ajang selebrasi bagi kreator-kreator dari seluruh Asia Pasifik yang menginspirasi gerakan baru dalam menciptakan konten kreatif.