TikTok menjadi aplikasi yang paling meraup untung dari pembelian koin dan transaksi lain di Indonesia selama Kuartal I, berdasarkan Data.ai. Hal ini karena konsumen Tanah Air paling banyak bertransaksi di fitur-fitur TikTok.
Berdasarkan laporan Data.ai, aplikasi dengan consumer spend atau transaksi konsumen tertinggi selama Januari – Maret di antaranya:
- TikTok
- Vidio
- Google One
- WeTV
- GetContact
- Disney+ Hotstar
- Viu
- Naver Webtoons
- YouTube
- GoodNovel
Sebagaimana diketahui, pengguna TikTok harus membeli koin untuk bisa memberikan hadiah kepada pengguna lain yang menggelar siaran langsung alias live streaming. Dana ini yang dihitung sebagai consumer spend.
Sementara itu, aplikasi yang paling sering diunduh di Indonesia selama kuartal I yakni:
- CapCut
- TikTok
- DANA
- Shopee
- Lazada
- WhatsApp Business
- GetContact
Aplikasi dengan jumlah pengguna bulanan alias monthly active user terbanyak selama Januari – Maret yaitu:
- Shopee
- TikTok
- Telegram
- CapCut
- MyTelkomsel
- Gojek
- Tokopedia
Berdasarkan kategori aplikasi breakout atau penelusuran, platform yang paling banyak dicari di situs web kemudian diunduh yakni:
- Lazada
- Identitas Kependudukan
- GearUp Game Booster: Lower Lag
- TikTok
- Video Download and Player
- Trebel
- EasyCash
- Loklok
- Celenganku
- TikTok Seller