Genjot Penjualan Produk FMC, Telkomsel dan Indihome Integrasi Gerai

Katadata (Courtesy of Telkomsel)
Telkomsel
Penulis: Lavinda
27/7/2023, 06.00 WIB

Telkomsel dan Indihome mengintegrasikan saluran penjualan dan layanan purnajual demi memperkuat performa bisnis telekomunikasi seluler setelah penggabungan usaha. 

Telkomsel dan IndiHome resmi bergabung pada 1 Juli 2023. Kini perusahaan meluncurkan produk bernama Telkomsel one yang merupakan bagian dari produk Fixed Mobile Convergence atau FMC, yakni gabungan teknologi seluler dan Wi-Fi. 

Gilang Prasetya, Senior Vice President Consumer Sales Operations Telkomsel, menjelaskan Indihome mempertahankan semua saluran penjualan yang sudah ada. Kemudian diperkuat dengan saluran aset Telkomsel.

Secara rinci disebutkan, perusahaan menyediakan konsultasi penjualan Indihome dalam saluran luring atau offline konvensional Telkomsel.

"Jadi, sinergi harus didapatkan, yakni membuat pelanggan Telkomsel pakai Indihome, dan membuat pelanggan Indihome menggunakan Telkomsel," ujar Gilang dalam Media Update 2023 di Denpasar, Rabu (27/7).

Terdapat pula Customer Touch Point, yakni Grapari, ex-Plasa, Call center 147. Selain itu, perusahaan menyediakan Sobat Indihome atau Sobi Digital, serta agen dengan skema insentif referral.

Perusahaan juga memiliki saluran digital, e-commerce, website, QR code, aplikasi MyIndihome dan MyTelkomsel. Kemudian, mengoptimalisasi outlet telekomunikasi, seperti toko pulsa yang dapat menjual Indihome.

"Dalam melayani pelanggan purnajual, perusahaan juga menjalankan beberapa pengembangan ke arah digitalisasi," katanya.

Rincian integrasi saluran penjualan dan purnajual Telkomsel-Indihome untuk melayani pelanggan:

  • Saluran walk in: 367 Grapari dan 387 plasa. Totalnya menjadi 754 atau meningkat 105% dari sebelumnya.
  • Call center: 2 sites dan 5 sites. Totalnya menjadi 7 sites atau meningkat 250%.
  • E-care: 2 sites dan 2 sites. Totalnya menjadi 4 sites atau naik 100%.
  • Self service: 458 MyGrapari dan 398 Smart Plasa. Totalnya menjadi 856 atau 87%.