XL Axiata Resmi Caplok First Media, Bagaimana Nasib Pelanggan?

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Pekerja memainkan gawai saat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) XL Axiata di Jakarta, Jumat (3/5/2024).
Penulis: Desy Setyowati
4/10/2024, 08.04 WIB

Layanan internet rumah First Media secara resmi telah menjadi bagian dari XL Axiata. Hal ini sebagai bagian dari bergabungnya Link Net dengan XL Axiata berdasarkan perjanjian pengalihan bisnis B2C pada 22 Mei.

Setelah penggabungan bisnis, First Media dan XL Axiata akan berupaya memastikan pelanggan tetap dapat menikmati layanan yang sama dan memiliki kemudahan akses ke rangkaian produk yang lebih lengkap, termasuk layanan seluler selain internet dan/atau TV kabel.

Direktur dan Chief Commerce Officer Home Service XL Axiata Abhijit Navalekar mengatakan, berdasarkan perjanjian pengalihan bisnis B2C pada 22 Mei, pengalihan ini mencakup seluruh segmen bisnis terkait penyedia layanan internet alias ISP, IPTV, dan Pay TV. Ini juga mencakup layanan yang berhubungan dengan permainan.

"Setelah pengalihan bisnis tersebut mendapatkan persetujuan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa atau RUPSLB Link Net pada 23 September, maka First Media sebagai salah satu layanan milik Link Net resmi pula bergabung dalam keluarga XL Axiata," kata Abhijit dikutip dari Antaranews, Kamis (3/10).

Manajemen XL Axiata menyatakan tidak ada perubahan apapun terkait produk dan layanan First Media per saat ini. Pelanggan lama tidak perlu melakukan tindakan apapun, termasuk registrasi atau mendaftar ulang. 

Pelanggan tidak perlu khawatir mengenai kontrak berlangganan dengan pembayaran di muka atau promo paket yang didapatkan sebelumnya. Pelanggan tetap bisa menikmati promo paket First Media sesuai dengan kontrak paket berlangganan sebelumnya. Tidak ada perubahan selama masa kontrak.

Demikian pula terkait layanan konten seperti TV, streaming, dan FMX. Semua layanan akan tetap dinikmati oleh pelanggan sesuai dengan paket langganan yang dimiliki.

Keanggotaan First Rewards juga tidak akan mengalami perubahan, dan pelanggan dapat terus menikmati keuntungan melalui aplikasi My FirstMedia.

Outlet pembayaran dan cara pembayaran tagihan berlangganan First Media juga tidak berubah. Produk layanan First Media tetap dijual kepada masyarakat yang berminat.

Integrasi berbagai aspek layanan First Media dengan XL Axiata akan terus dilakukan secara bertahap, termasuk untuk layanan pelanggan. Layanan customer service First Media tetap sama seperti sebelumnya yakni melalui call center 1500-595, email customer.service@linknet.co.id, X @FirstMediaCares, dan aplikasi mobile My FirstMedia untuk mendapatkan bantuan.

Pelanggan yang ingin mendapatkan informasi terkait layanan First Media juga bisa datang ke XL Center seperti XLC Axiata Tower Jakarta, XLC Malang, XLC Diponegoro, Medan, XLC Martadinata, Bandung, XLC Pemuda, Surabaya.

Secara bertahap informasi mengenai layanan First Media akan terus diperluas ke berbagai saluran milik XL Axiata, termasuk ke semua XL Center, website XL Axiata, hingga aplikasi myXL. 

Reporter: Antara