Pengertian Iklan Beserta Jenis-Jenis Iklan

pexels
Ilustrasi Contoh Iklan
Penulis: Tifani
Editor: Safrezi
6/11/2023, 08.30 WIB

Iklan adalah salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak umum. Iklan umumnya digunakan oleh berbagai merek untuk menginformasikan suatu produk dan menarik perhatian masyarakat hingga dapat meningkatkan daya beli konsumen.

Iklan merupakan salah satu strategi pemasaran yang penting untuk meningkatkan penjualan. Lalu apa pengertian iklan menurut para ahli dan apa tujuannya?

Pengertian Iklan

Ilustrasi Iklan (Freepik)


Mengutip laman e-jounal.uajy.ac.id, pengertian iklan adalah pesan yang disampaikan dengan tujuan untuk memperkenalkan suatu produk kepada audiens dengan platform media tertentu. Iklan merupakan salah satu instrumen yang penting dalam proses pemasaran.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Pengertian iklan juga didefinisikan sebagai suatu kegiatan promosi yang memiliki berbagai macam tujuan.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Menurut Supriyanto dalam bukunya yang berjudul Meraih Untung dari Spanduk Billboard Cetakan, iklan merupakan promosi barang, jasa, perusahaan, dan ide yang harus dibayar dengan nominal tertentu oleh sebuah sponsor.

Selain pengertian diatas, berikut beberapa pengertian iklan menurut para ahli.

Pengertian Iklan Menurut Gilson & Berkman

Pengertian iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respons dan membantu tercapainya objektivitas atau tujuan pemasaran.

Pengertian Iklan Menurut Fandy Tjiptono

Pengertian iklan merupakan satu di antara bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya.

Pengertian Iklan Menurut Rhenald Kasali

Pengertian iklan adalah sebuah pesan yang menawarkan suatu produk, yang ditujukan kepada masyarakat melalui sebuah media.

Pengertian Iklan Menurut Undang-Undang Penyiaran

Menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran dalam Pasal 1 angka 5 mendefinisikan iklan sebagai siaran iklan, yaitu “siaran informasi yang bersifat komersial dan layanan masyarakat tentang tersedianya jasa, barang, dan gagasan yang dapat dimanfaatkan oleh khalayak dengan atau tanpa imbalan kepada lembaga penyiaran yang bersangkutan”.

Pengertian Iklan Menurut Faela Sufa

Pengertian iklan adalah media informasi yang dibuat dengan cara tertentu untuk menarik penonton, asli, dan memiliki karakteristik tertentu dan persuasif, sehingga konsumen secara sukarela terdorong untuk melakukan sesuatu sesuai apa yang diinginkan pengiklan.

Pengertian Iklan Menurut Kriyantono

Pengertian iklan adalah sebagai bentuk komunikasi non-personal yang menjual pesan-pesan persuasif dari sponsor yang jelas untuk memengaruhi orang membeli produk dengan membayar sejumlah biaya untuk media.

Tujuan Iklan

Ilustrasi Iklan (Freepik)


Meskipun sering digunakan untuk mempromosikan produk tertentu untuk menggaet calon konsumen, namun iklan memiliki beragam tujuan yang tak kalah penting.

Melansir laman gramedia.com, berikut beberapa tujuan iklan.

1. Commercial Advertising

Iklan komersial memiliki tujuan untuk melakukan dukungan terhadap suatu kampanye pemasaran dari suatu produk yang dijual. Di mana iklan komersial ini memiliki dua macam, yaitu iklan strategis dan iklan taktis.

Iklan strategis adalah iklan yang digunakan untuk membangun suatu merek dengan menganalisis nilai merek serta manfaat dari produk yang dipasarkan. Sedangkan iklan taktis adalah iklan yang diformulasikan guna mendorong agar audiens melakukan pembelian terhadap suatu produk yang dipasarkan.

2. Corporate Advertising

Iklan korporasi atau perusahaan ini dinilai sebagai strategi yang efektif untuk memperkokoh citra pada perusahaan. Di mana tujuannya adalah untuk membantun citra positif pada produk yang dijual oleh perusahaan tertentu dengan melibatkan berbagai instrumen strategi pemasaran.

3. Public Service Advertising

Iklan layanan masyarakat adalah kampanye sosial yang tujuannya untuk memasarkan suatu ide dan gagasan dalam konteks kepentingan masyarakat. Sering kali iklan ini kamu temukan di berbagai instansi negara, seperti ajakan untuk tidak korupsi, menjauhi narkoba, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Iklan

Ilustrasi Iklan (Freepik)


Jenis-jenis iklan ini dibedakan menjadi beberapa kategori. Mulai dari jenis iklan berdasarkan tujuannya, jenis iklan berdasarkan isinya, hingga jenis iklan berdasarkan medianya.

Masing-masing jenis iklan ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berikut penjelasan lengkap tentang jenis-jenis iklan berdasarkan kategorinya.

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

1. Iklan Komersial

Iklan komersial adalah jenis iklan yang dibuat untuk tujuan peningkatan penjualan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Iklan komersial dibagi menjadi tiga yaitu iklan konsumen, iklan bisnis dan iklan profesional.

Iklan konsumen yang dibuat untuk mencari keuntungan bisnis. Iklan bisnis yang dibuat untuk menyampaikan maksud dan tujuan mencari keuntungan ekonomi.

Sementara, iklan profesional yang ditujukan untuk golongan profesional untuk mendapatkan keuntungan bisnis.

2. Iklan Non Komersial

Iklan non komersial adalah jenis iklan yang dibuat untuk memberikan suatu informasi dengan tujukan untuk mendidik serta mengajak masyarakat melakukan suatu tindakan baik. Biasanya, jenis iklan ini berupa iklan layanan masyarakat yang berdampak besar dalam kehidupan.

Iklan ini sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya suatu hal hingga mending terjadinya perubahan sosial yang lebih baik.

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

1. Iklan Penawaran

Iklan penawaran dalah jenis iklan yang menawarkan barang atau jasa untuk menarik calon konsumen agar mau mencoba atau membeli produk tersebut. Iklan jenis ini bisa digunakan untuk berbagai macam produk atau jasa komersil guna meningkatkan keuntungan atau laba bagi perusahaan.

2. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan yang berisi informasi tertentu dengan tujuan untuk mengedukasi, meningkatkan kesadaran, dan mendorong masyarakat untuk melakukan tindakan sesuai informasi yang disampaikan. Misalnya iklan bahasa narkoba, iklan menjaga kebersihan, iklan vaksin, iklan pajak, dan lain sebagainya.

3. Iklan Pengumuman

Iklan pengumuman adalah jenis iklan yang berisi himbauan untuk masyarakat yang bersifat mengajak. Biasanya ini banyak digunakan untuk iklan-iklan event atau gelaran acara tertentu, seperti iklan lomba, iklan konser, iklan seminar, dan lain sebagainya.

4. Iklan Permintaan

Iklan permintaan adalah jenis iklan yang dibuat pribadi atau instansi agar suatu informasi dapat dimuat dan diketahui banyak orang. Misalnya iklan lowongan pekerjaan dan lain sebagainya.

Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

1. Iklan Elektronik

Iklan elektronik adalah jenis iklan yang disampaikan melalui media elektronik seperti radio dan televisi. Iklan ini dapat berupa audio dan audio video yang dibuat sedemikian rupa untuk menarik perhatian masyarakat atau calon konsumen.

2. Iklan Cetak

Iklan cetak adalah jenis iklan yang disampaikan melalui media cetak seperti koran, majalah, buku, brosur, dan lain sebagainya. Media cetak tersebut kemudian dijual atau dibagikan kepada masyarakat sehingga diharapkan banyak orang dapat mengetahui iklan tersebut.

Demikian ulasan mengenai pengertian iklan menurut para ahli, tujuan beserta jenis-jenis iklan. Iklan adalah sarana untuk menginformasikan dan mempromosikan suatu produk atau pesan kepada audiens dengan strategi serta platform yang cukup variatif.