Profil Dudy Purwaghandi dari Komisaris PLN Jadi Menteri Perhubungan

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar.
Komisaris PLN Dudy Purwagandhi tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar.
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Safrezi
22/10/2024, 09.43 WIB

Dudy Purwaghandi kini resmi menjadi Menteri Perhubungan di Kabinet Merah Putih pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming setelah dilantik di Istana Negara pada Senin (21/10). 

Komisaris PLN ini lahir di Manado pada 23 September 1970. Berdasarkan laporan tahunan PLN yang dirilis pada Selasa (15/10). Dudy menempuh pendidikan di Universitas Trisakti dan meraih gelar Sarjana Hukum pada 1995.

Dengan pengalaman beragam yang dimilikinya, Dudy Purwaghandi membawa keahliannya yang luas dalam manajemen perusahaan, dan kepemimpinan. Salah satunya dalam mendukung PLN dalam menjalankan misinya dalam sektor energi.

Profil Dudy Purwaghandi

Dudy Purwagandhi, Menteri Perhubungan Kabimet Merah Putih (istimewa)

Dudy memiliki pengalaman luas di beragam bidang perusahaan sebelum menjabat sebagai Komisaris PLN. Berikut profil Dudy selengkapnya:

1. Awal Karier di PT Tri Usaha Bhakti Truba

Kariernya dimulai pada periode 1997-2004 saat bekerja sebagai Staff Assistant BOD di PT Tri Usaha Bhakti Truba. Pada tahun 2004-2007, Dudy Purwaghandi memegang posisi sebagai Kepala Departemen GA di perusahaan yang sama..

2. Direktur PT Jhonlin Air Transport

Kemudian pada periode 2008-2009, Dudy diangkat menjadi Direktur PT Jhonlin Air Transport, perusahaan transportasi yang milik pengusaha asal Kalimantan, Haji Isam.

Dudy Purwaghandi juga merupakan CEO Jhonlin Air Transport (JAT). Jhonlin Air Transport merupakan maskapai penerbangan regional di Indonesia yang fokus melayani daerah Kalimantan Selatan.

3. Direktur PT Dua Samudra Perkasa dan Direktur PT Jhonlin Marine Trans

Pada tahun 2009-2011, Dudy menjabat sebagai Direktur PT Dua Samudra Perkasa. Pada tahun yang sama, ia juga menjadi Direktur PT Jhonlin Marine Trans, perusahaan pelayaran yang fokus pada transportasi kargo bijih besi dan batu bara.

4. Direktur Seacons Trading Limited di Singapura

Karier Dudy meluas hingga ke kancah internasional. Ia mendapat kepercayaan untuk memegang posisi Direktur Seacons Trading Limited di Singapura pada periode 2011-2020.

5. Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju, Pemilihan Presiden 2019

Kemudian pada Pemilu 2019, Dudy aktif di bidang politik dengan menjadi Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju, yang mengusung pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin. Pada tahun yang sama, Dudy juga sempat menjabat sebagai Staf Khusus Menteri PAN RB.

6. Komisaris PT Satui Terminal Utama

Dudy Purwaghandi juga memiliki pengalaman sebagai Komisaris PT Satui Terminal Utama pada periode 2015-2019.