Saham AirAsia (CMPP) Meroket 41,18%, Langsung Masuk Radar UMA BEI

Pixabay/tee2tee
Saham AirAsia tumbuh secara dramatis hingga 41,18% dalam sepekan, memicu Bursa Efek Indonesia memasukkannya dalam daftar aktivitas pasar yang tidak biasa.
13/9/2024, 10.46 WIB

Saham PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) melesat tajam hingga 41,18% dalam sepekan terakhir. Kenaikan ini membuat Bursa Efek Indonesia (BEI) memasukkan CMPP dalam daftar unusual market activity (UMA) karena pergerakan harga yang di luar kebiasaan.

Pada penutupan Kamis (12/9), saham AirAsia naik 7,14% dan ditutup di level Rp 120 per lembar. Total transaksi tercatat Rp 53,17 juta dengan volume 443,10 ribu lembar, mengerek kapitalisasi pasar menjadi Rp 1,28 triliun.

Di samping itu, dalam sebulan terakhir sahamnya melesat 87,50% dan dalam tiga bulan terakhir terbang hingga 103,39%. Padahal secara year to date (ytd) sahamnya terkoreksi 4%. 

“Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham CMPP tersebut, perlu kami sampaikan bahwa Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini,” demikian maklumat bursa, Kamis (12/9). 

Oleh karena itu, BEI meminta agar investor agar memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa dan mencermati kinerja perusahaan tercatat serta keterbukaan informasinya.  

Investor juga perlu mengkaji kembali rencana aksi korporasi perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS. Investor harus mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Reporter: Nur Hana Putri Nabila