PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJBumiputera) menandatangani kerja sama layanan pengelolaan kas alias cash management dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kerja sama ini diharapkan bisa membantu perusahaan dalam memastikan kelancaran pembayaran premi asuransi.

Direktur AJBumiputera Wiroyo Karsono mengklaim, sejak beroperasi Maret lalu, AJBumiputera sudah menggaet sekitar 10-12 ribu pemegang polis. Jumlah premi yang dikumpulkan mencapai Rp 50 miliar sebulan. Kerja sama dengan BRI juga diharapkan bisa mendukung penjualan produk asuransi perusahaan.

“Ini (cash management BRI) kan support layanan, kalau baik kan otomatis penjualan naik," tutur dia usai menghadiri acara penandatanganan perjanjian kerja sama layanan jasa keuangan dengan BRI di Gedung BRI I, Jakarta, Kamis (18/5).

Fasilitas pengelolaan kas yang diberikan BRI yakni BRI Virtual Account (BRIVA). BRIVA merupakan akun virtual perbankan. Dengan BRIVA, pembayaran premi bisa tercatat secara real time online, sehingga AJBumiputera bisa terus memantau kelancaran pembayaran premi.

Wiroyo berharap pegawai BRI juga bisa memberikan layanan di kantor-kantor cabang AJBumiputera. Dengan begitu, kedua perusahaan bisa saling mendukung bisnis masing-masing. Bank mendapatkan nasabah baru dari pemegang polis sehingga bisa membayar dengan rekening BRI. "Pemegang polis diharapkan bisa aktif terus (membayar premi)," ujar dia.

Kerja sama ini merupakan langkah perdana AJBumiputera pasca diluncurkan pada 12 Februari lalu dan beroperasi pada Maret. AJBumiputera merupakan anak usaha Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera yang telah dilepas ke PT Evergreen Invesco Tbk, tahun lalu. (Baca juga: Tumpuan Selamatkan Bumiputera, Rights Issue GREN Belum Terdaftar)

Halaman: