PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana) bekerja sama dengan LINE Corporation, dan LINE Financial Asia meluncurkan LINE Bank di Indonesia. Layanan keuangan ini mulai beroperasi per Kamis (10/6), di mana Indonesia menjadi pasar ketiga Line Bank setelah LINE BK di Thailand dan LINE Bank di Taiwan.
Kerjasama strategis antara Bank Hana dengan salah satu platform seluler terbesar di Asia itu dimulai sejak Oktober 2018. Terhitung sejak LINE Financial Asia mengakuisis 20% kepemilikan Bank Hana melalui Perjanjian Penyertaan Modal.
Kerja sama kali ini di klaim sebagai awal terbentuknya layanan perbankan digital asing pertama. Ini sekaligus merupakan hasil kolaborasi antara bank dengan perusahaan teknologi raksasa. Adapun kehadiran LINE Bank di industri keuangan Indonesia untuk menyediakan layanan perbankan digital yang nyaman dan mudah digunakan.
Itu bisa terwujud dengan digabungkannya pengetahuan keuangan Hana Bank, dengan keahlian LINE sebagai perusahaan teknologi terkemuka di Asia. "LINE Bank akan menyediakan berbagai produk keuangan dan layanan fintech yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan nasabah kami,” ujar Jong Jin Park, Direktur Utama PT Bank KEB Hana Indonesia dalam keterangan resmi, Jumat (11/6).
Di samping itu, LINE Bank berupaya untuk memberikan layanan keuangan kepada segmen pelanggan nasabah yang lebih luas, termasuk Gen-Z atau milenial yang merupakan mayoritas pengguna LINE. Chief Operating Officer LINE Financial Asia Young Eun Kim mengatakan, permintaan akan transformasi digital di industri perbankan berkembang secara pesat di seluruh dunia.
Dengan karakteristik geografis Indonesia yang unik, Kim menilai transformasi digital mampu menghadirkan layanan perbankan langsung ke telepon seluler nasabah. "Hal ini semakin meningkatkan ketersediaan, keterhubungan serta kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layanan perbankan," katanya.
Ke depan, diharapkan layanan kerjasama antara LINE dan Bank Hana dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Aplikasi LINE Bank saat ini sudah tersedia di iOS App Store dan Google PlayStore. Nasabah baru Bank Hana yang menyelesaikan proses pembukaan rekening LINE Bank, dan memenuhi syarat berkesempatan mendapatkan program cashback sebesar Rp 150 ribu.
LINE membidik 260 juta jiwa penduduk yang tersebar di berbagai pulau, di mana masih ada daerah-daerah yang belum terjangkau layanan perbankan. Penetrasi telepon pintar (smartphone) di Indonesia yang melebihi 100 juta orang dan penggunaan jejaring media sosial yang tinggi membuka peluang bagi perkembangan perbankan digital.
Dengan menggandeng Bank KEB Hana, Line Financial Asia dapat memperkuat posisinya di Indonesia dan di kancah global seiring dengan pertumbuhannya sebagai penyedia layanan fintech dan perbankan digital. Kedua perusahaan juga berencana untuk menerapkan dan meningkatkan model penilaian kredit untuk Indonesia, seperti deposito atau kredit mikro, layanan pengiriman dan pembayaran melalui proyek-proyek dengan lembaga pemeringkat kredit lokal dan internasional, serta menciptakan proses verifikasi identitas (e-KYC) yang dioptimalkan untuk peraturan lokal.