Home Credit Manfaatkan Aplikasi DBS IDEAL Untuk Kelancaran Transaksi

Katadata
Penulis: Ekarina - Tim Publikasi Katadata
14/10/2021, 10.58 WIB

Pandemi Covid-19 yang terjadi 1,5 tahun terakhir telah memaksa semua industri bertransformasi untuk bertahan. PT Home Credit Indonesia (Home Credit) sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, memiliki strategi bisnis adaptif untuk terus bertahan melewati pandemi, salah satunya dengan memanfaatkan layanan aplikasi perbankan milik Bank DBS Indonesia, yakni DBS IDEAL untuk kemudahan bertransaksi.

Home Credit senantiasa mengutamakan pelanggannya yang kini berjumlah hampir mencapai 5 juta orang (per 30 Juni 2021), melalui customer journey terbaik dan keunggulan operasional bisnis serba digital.

Demi memastikan proses pembayaran kepada para mitra berjalan dengan baik dan cepat, Home Credit bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia melalui penggunaan DBS IDEAL.  Perusahaan telah aktif menggunakan DBS IDEAL sejak tahun 2018.

DBS IDEAL telah membantu Home Credit untuk memantau arus kas dan mengintegrasikan sistem pembayaran dengan baik. DBS IDEAL sangat membantu aktivitas perbankan perusahaan dengan seluruh transaksi yang dapat dilakukan secara online.

“Khususnya untuk fitur DBS IDEAL RAPID, kami sangat terbantu karena semua transaksi pembayaran untuk para mitra dapat kami lakukan tanpa kendala, cepat dan aman,” kata ujar Deputy Chief Financial Officer Home Credit Indonesia, Andy Yonatan.

Pihaknya juga dapat melakukan transaksi dengan limit yang lebih tinggi dan frekuensi yang meningkat hingga 5 kali lebih banyak, dibandingkan sebelum menggunakan DBS IDEAL RAPID. Proses otomasi dalam penyaluran dana juga apat meminimalisir terjadinya fraud dan dapat memonitor setiap transaksi yang terjadi apakah berhasil atau tidak.

Home Credit juga memahami bahwa akselerasi digital menjadi kunci dalam memberikan kemudahan akses bagi setiap pelanggan yang kini diharuskan menjalani hampir seluruh kegiatan mereka secara daring. Sehingga kini, pengajuan pembiayaan untuk barang elektronik, furniture dan sebagainya dapat dilakukan kapan saja di mana saja, melalui aplikasi My Home Credit.

Home Credit juga turut membantu pelanggan yang terdampak pandemi untuk dapat mengembangkan atau bahkan memulai usaha mereka, melalui pembiayaan modal usaha.

Jika dilihat dari komposisi total kontrak pembiayaan multiguna untuk pembelian barang di sepanjang semester pertama 2021, sebagian besar pelanggan Home Credit mengajukan pembiayaan untuk gadget, laptop dan smartphone (67,6%), barang elektronik dan TV (22,9%) dan 9,5%  dari total kontrak ditujukan untuk pembiayaan furnitur, diikuti jenis barang lain seperti aksesoris mobil, fesyen, dan sebagainya. 

“Saya menggunakan pembiayaan Home Credit berawal dari kebutuhan membeli handphone, lalu berlanjut untuk membeli laptop kemudian furnitur di rumah.  Bagi saya, kemudahan mengontrol semua transaksi lewat aplikasi My Home Credit di handphone, sampai banyaknya penawaran menarik, yang membuat saya nyaman buat terus mengandalkan Home Credit,” ujar Aris, salah satu pelanggan Home Credit dari Semarang.

Melalui aplikasi My Home Credit, pelanggan bisa mendapatkan limit kredit untuk pembiayaan hingga Rp20 juta dengan DP mulai dari 0%. Limit bisa dengan mudah dicek oleh pelanggan dan diajukan langsung lewat aplikasi My Home Credit.

 Setelah pengajuan limit dan barang disetujui, pelanggan dapat mengakses informasi kontrak pembiayaan di aplikasi My Home Credit. Hingga 30 Juni 2021, aplikasi My Home Credit sendiri kini telah digunakan oleh lebih dari 9,8 juta pengguna terdaftar.

Selain memberikan layanan kepada para pelanggan, Home Credit juga berkontribusi bagi para mitra pelaku usaha mulai dari peritel besar hingga toko-toko konvensional. Jaringan mitra toko Home Credit sendiri kini berjumlah 16.775 mitra (per 30 Juni 2021).

Dengan pembiayaan dari Home Credit dapat menarik lebih banyak pelanggan untuk berbelanja di toko mereka tidak hanya secara offline namun juga online, apalagi jika terdapat promo yang berlangsung di toko mitra terkait. Pelanggan dapat melihat beragam promo yang berlangsung di toko-toko mitra Home Credit dengan cara mengakses website https://www.homecredit.co.id/.

Ke depan, Home Credit berkomitmen untuk dapat terus membantu para pelanggan dalam  mewujudkan mimpi-mimpi mereka melalui layanan pembiayaan yang aman, nyaman, dan terpercaya,  yang tentunya didukung oleh ekosistem digital yang mumpuni, seperti kerjasama Home Credit Indonesia dengan Bank DBS Indonesia. PT Home Credit Indonesia terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Baca cerita insipiratif lainnya di laman https://go.dbs.com/portraitsofpurpose-id-katadata.